Vitamin C yang juga dikenal sebagai asam askorbat, merupakan sebuah nutrisi penting yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Lantas, vitamin C ini untuk apa?

Perlu dipahami bahwa tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Itu artinya, kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan. Asupan vitamin C yang cukup, tentunya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Tapi ternyata ini bukanlah satu-satunya manfaat vitamin C, lho. 

Ada banyak sekali manfaat utama dari vitamin C, salah satunya adalah untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan, sehingga membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Kemudian sebagai antioksidan, vitamin C akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan arthritis.

Supaya kamu lebih memahami vitamin C untuk apa, simak ulasan menarik di bawah ini sampai akhir, yuk!

Vitamin C untuk Apa?

Vitamin C memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C akan membantu meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel-sel T dan fagosit, yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

2. Antioksidan

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dan penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan arthritis.

3. Produksi Kolagen

Vitamin C juga sangat penting untuk pembentukan kolagen, sebuah protein yang diperlukan untuk menyusun jaringan ikat, termasuk kulit, tulang, gigi, dan pembuluh darah. Hal ini akan membantu memperbaiki dan menjaga struktur tubuh.

4. Penyerapan Zat Besi

Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari sumber nabati, seperti sayuran hijau dan biji-bijian, yang dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi.

5. Penyembuhan Luka

Karena perannya dalam produksi kolagen, maka vitamin C juga dapat membantu dalam penyembuhan luka dan mempercepat proses pemulihan pasca operasi atau cedera.

6. Perlindungan terhadap Penyakit Kardiovaskular

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asupan yang cukup dari vitamin C bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Mata

Asupan vitamin C juga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Salah satu penelitian dalam jurnal Ophthalmology mengungkapkan bahwa pola makan tinggi vitamin C berkaitan dengan berkurangnya risiko katarak, sebanyak 20 hingga 33 persen. Bagaimana vitamin C dapat memperlambat proses terjadinya katarak, ternyata berhubungan dengan sifatnya sebagai antioksidan. Asupan tinggi vitamin C dari makanan mampu meningkatkan kandungan vitamin ini pada cairan di sekitar lensa mata yang akan memberikan perlindungan ekstra.

Tips Konsumsi Vitamin C yang Tepat

Sangat penting bagi tubuh manusia untuk mendapatkan cukup vitamin C melalui diet seimbang atau suplemen, terutama karena tubuh manusia tidak dapat mensintesis vitamin C sendiri. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi vitamin C dengan tepat.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C: Buah-buahan dan sayuran segar adalah sumber alami vitamin C yang baik. 
  2. Hindari Overdosis: Meskipun vitamin C cukup penting untuk kesehatan, tapi mengonsumsi terlalu banyak bisa berbahaya. Batas aman untuk orang dewasa adalah sekitar 2000 mg per hari.
  3. Perhatikan Penyimpanan Makanan: Beberapa makanan kaya vitamin C, seperti buah-buahan segar cenderung kehilangan vitamin C pada saat disimpan terlalu lama atau terpapar panas, cahaya, atau udara. Jadi, simpan makanan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
  4. Kombinasikan dengan Sumber Zat Besi: Vitamin C bisa meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari sumber nabati. Kamu bisa mengombinasikan makanan kaya vitamin C dengan makanan tinggi zat besi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.
  5. Jaga Keseimbangan dengan Nutrisi Lain: Vitamin C merupakan bagian dari gambaran kesehatan yang lebih besar. Jadi, pastikan untuk memiliki pola makan yang seimbang dengan asupan nutrisi yang cukup dari berbagai macam makanan sehat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.
  6. Pilih Suplemen Vitamin C dengan Bijak: Jika kamu memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, maka pastikan untuk memilih produk yang terpercaya dan berkualitas baik. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet setiap hari. Setiap tablet Enervon-C Tablet ini mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imunitas, serta vitamin B-Kompleks yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh. Dengan begitu, kamu akan senantiasa sehat dan fit sepanjang hari. Langsung saja klik link Shopee dan Tokopedia ini untuk mendapatkan produk asli Enervon-C Tablet dan lainnya secara online.

 

Referensi:

Raman, R. Healthline (2020). 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body

Zelman, K. M. WebMD (2022). The Benefits of Vitamin C