Malaysia merupakan salah satu negara yang kerap menjadi salah satu pilihan berlibur bagi masyarakat Indonesia. Lokasi Malaysia yang dekat dengan Indonesia membuat budget liburan lebih terjangkau. Selain lokasinya berdekatan dengan Indonesia, budaya di Malaysia bisa dibilang mirip dengan Indonesia. Keragamanan penduduknya yang terdiri dari Melayu, Cina, dan India menawarkan ragam nuansa wisata yang unik. Negara tetangga ini memiliki beragam wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari pesona budaya, pemandangan alam, kuliner lezat, hingga wisata sejarahnya. Jika kamu belum pernah berkunjung ke Malaysia, jangan khawatir karena kami akan memberikan rekomendasi wisata Malaysia yang harus kamu sertakan dalam perjalananmu. Simak objek wisata Malaysia terbaik yang tidak boleh terlewat berikut ini.

Tempat Wisata Malaysia Terbaik yang Patut Dikunjungi

1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas atau Petronas Twin Towers merupakan ikon dari Kuala Lumpur, ibukota Malaysia. Dengan ketinggian mencapai 452 meter, menara ini pernah tercatat sebagai salah satu Menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Daya tarik lain dari menara ini yaitu pada jembatan atau yang disebut dengan Sky Bridge yang menghubungkan kedua menara. Kamu bisa menaiki jembatan yang berada di lantai 41 dan 42 untuk menikmati pemandangan kota Malaysia dari atas.

2. KLCC Park

Sumber: suriaklcc.com.my

KLLC Park merupakan taman yang dirancang dengan memadukan elemen alam berupa pohon rindang, batu, kayu, tumbuhan langka, jalan setapak, air mancur, hingga danau buatan. Konsepnya yakni menonjolkan keanekaragaman hayati flora tropis Malaysia di taman perkotaan yang tetap terlihat alami. Ada sekitar 1900 pohon yang ditanam dan danau buatan yang berada di tengah taman. Dari taman ini, kamu bisa bersantai sambil  melihat melihat Menara Kembar Petronas yang ikonik.

3. Batu Caves

Sumber: bimashindu.kemenag.co.id

Objek wisata Malaysia selanjutnya yang sangat populer yaitu Batu Caves atau Gua Batu Wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari Indonesia maupun negara lainnya. Batu Caves merupakan kuil hindu yang memiliki daya tarik patung Dewa Murugan dengan tinggi mencapai 40 meter. Batu kapur yang membentuk Gua Batu diperkirakan sudah berusia 400 juta tahun. Batu Caves sendiri terdiri dari tiga gua utama dan beberapa gua kecil. Setiap tahunnya, kuil ini menjadi pusat perayaan festival Hindu Thaipusam di Malaysia.

4. Genting Highland

Sumber: bafageh.com

Genting Highland merupakan salah satu wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara. Meskipun terletak di dataran tinggi mencapai 2.000 mdpl, tempat ini menawarkan beragam hiburan yang sangat menarik. Tersedia kasino, tanam bermain, wisata alam, wisata sejarah, pusat perbelanjaan, wisata kuliner, dan masih banyak lagi.  Salah satu wahana yang wajib kamu coba yaitu Awana SkyWay, yakni menikmati keindahan alam sekitar Genting dengan menaiki gondola.

5. Langkawi Sky Bridge

Sumber: langkawi.com

Langkawi Sky Bridge atau jembatan langit Langkawi merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam berupa perbukitan hijau dan laut dari ketinggian 660 mdpl di puncak Gunung Mat Cincang, Langkawi. Yang menjadi ikon dari wisata ini ada pada jembatan suspensi berkelok yang membentang sepanjang 125 meter yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Untuk mencapai Sky Bridge sepanjang 125 meter ini, kamu bisa menggunakan Langkawi Cable Car sembari menikmati pemandangan tropis yang memanjakan mata.

6. Jalan Alor

Sumber: media.licdn.com

Berlibur tentu saja belum lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Jalon Alor adalah surga kuliner yang murah meriah dan wajib kamu kunjungi. Di Jalan Alor kamu bisa menemukan beragam makanan khas Melayu, India, Cina, hingga kuliner internasional dengan pilihan harga yang cukup terjangkau. Ada banyak pilihan makanan autentik khas Malaysia seperti nasi lemak hingga teh oolong khas Pecinan yang harus kamu cicipi. Jalan Alor biasanya mulai ramai dikunjungi saat sore dan akan semakin ramai saat malam hari.

7. Jonker Walk

Sumber: www.alamy.com

Jonker walk merupakan jalan yang berlokasi di Melaka, Malaysia. Kawasan ini dikelilingi bangunan peninggalan bergaya Cina dan Portugis dari abad ke-17 yang masih berdiri kokoh. Di Jonker Walk kamu bisa mengenal berbagai aspek multibudaya melaka sambil berburu barang antik dan berfoto-foto di depan mural warna warni di sepanjang Jonker Street. Saat malam hari jalanan akan berubah menjadi pasar malam atau Jonker Street Night Market yang menjual berbagai souvenir dan kuliner unik.

Tips agar Sehat Selama Berwisata ke Malaysia

Liburan menjadi momen yang sangat ditunggu terlebih jika ini pertama kalinya untuk kamu berlibur ke luar negeri. Meskipun begitu jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuh kamu agar momen liburan tidak terganggu. Berikut beberapa tips sehat yang bisa kamu terapkan:

  • Siapkan air putih dan botol air minum pribadi untuk memenuhi asupan cairan tubuh yang krusial. Terutama saat sedang menjalankan banyak aktivitas fisik dan selama berlibur. Pastikan tubuh kamu tetap terhidrasi dengan rajin minum air. Pastikan kamu telah mempersiapkan barang bawaan lainnya sesuai dengan suhu dan cuaca setempat.
  • Tidak makan berlebihan karena dapat meningkatkan risiko terkena masalah pencernaan, seperti diare, kembung, mulas, dan lain-lain. Lakukan wisata kuliner dengan porsi secukupnya dan pilihan menu yang bergizi seimbang.
  • Dapatkan waktu istirahat yang cukup agar tubuh tetap segar dan berstamina menjelajahi banyak tempat wisata Malaysia. Selain itu, tidur berkualitas yang cukup juga akan mendukung sistem imun dalam bekerja. Itulah kenapa membuat itinerari sangat disarankan ketika kamu jalan-jalan ke luar negeri.
  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi sebagai bentuk persiapan pertolongan pertama saat sakit. Serta suplemen untuk memastikan tubuh mendapat asupan gizi yang lengkap dan bervariasi.

Bicara soal suplemen yang cocok dibawa ke luar negeri, Enervon varian lainnya juga sudah bisa diakses melalui Tokopedia dan Shopee resmi.

Featured Image - images.bisnis.com