Berdasarkan pengertiannya, pensiun adalah tidak bekerja lagi karena masa tugasnya sudah selesai. Usia pensiun berarti masuknya seorang pekerja pada masa istirahat atau tidak lagi aktif bekerja. Tidak hanya pegawai negeri sipil, karyawan perusahaan swasta juga akan masuk ke masa pensiun saat usia tertentu. Nantinya karyawan akan masuk ke masa persiapan pensiun untuk dibebaskan dari tugas-tugasnya selama ini secara bertahap. Setelah masuk pada masa pensiun yang sesungguhnya, karyawan tersebut akan berhenti bekerja dan berhak mengambil atau memanfaatkan dana pensiun yang selama ini dikumpulkan. Pertanyaan yang kerap muncul adalah apakah usia pensiun karyawan swasta sama dengan pegawai pemerintahan? Berapakah perbedaan usia yang berlaku di Indonesia? Temukan jawabannya di bawah ini.

Aturan Usia Pensiun Karyawan Swasta di Indonesia Tahun 2024

Menurut Undang-undang Ketenagakerjaan dan beberapa aturan setelahnya termasuk Perppu Cipta Kerja, menyebutkan bahwa usia pensiun karyawan swasta memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan pegawai negeri. Usia pensiun yang ditetapkan pada tahun 2019 adalah 57 tahun dan bertambah 1 tahun untuk setiap 3 tahun berikutnya sampai mencapai usia pensiun 65 tahun.

Sehingga pada tahun 2024, usia pensiun karyawan swasta adalah 59 tahun. Bagi karyawan swasta yang mampu menyelesaikan masa kerjanya sesuai perjanjian kerja atau peraturan perusahaan kemudian mencapai usia pensiun, maka perusahaan diperbolehkan untuk tidak memberikan pemberitahuan terkait penyelesaian hubungan kerja atau PHK. Biasanya perusahaan akan memberikan pemberitahuan berupa masa persiapan pensiun untuk kemudian dikurangi tugas dan beban kerjanya secara bertahap hingga pekerja masuk usia pensiun tersebut. Tentu saja praktik tersebut tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing.

Pada beberapa kondisi, perusahaan swasta memiliki kebijakan usia pensiun yang berbeda dengan aturan pemerintah di atas. Meskipun begitu, karyawan swasta tetap harus mengikuti aturan perusahaan selama aturan tersebut tertuang dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Karena sebenarnya aturan perusahaan telah dibuat dengan tidak bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga terjadinya perbedaan praktik penetapan usia pensiun bisa sedikit berbeda dengan aturan pemerintah.

Tips Memulai Persiapan Pensiun

Umumnya karyawan atau pekerja mempersiapkan masa pensiunnya 1-2 tahun sebelum pensiun atau saat masuk masa persiapan pensiun. Padahal persiapan tersebut bisa dilakukan dari sekarang. Terutama untuk hal-hal yang harus dilakukan jangka panjang seperti membuat tabungan pensiun, mengingat karyawan swasta tidak ditanggung dana pensiunnya oleh pemerintah. Ikuti beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum masuk usia pensiun karyawan swasta.

1. Perencanaan Finansial

Karena pekerja akan kehilangan pemasukan rutin, maka perencanaan finansial harus dibuat dari sekarang. Beberapa strategi yang biasanya digunakan adalah dengan konsisten menabung dana pensiun dan mencoba menemukan sumber pemasukan lain yang bisa dikerjakan saat usia pensiun. Pekerjaan yang dimaksud bisa dari wirausaha sesuai kemampuan atau membuka jasa konsultasi ahli. Cara ini akan membantu pensiunan perusahaan swasta tetap mandiri secara finansial dan secara tidak langsung membantu merawat kesehatan mentalnya.

2. Temukan Kegiatan Rutin Favorit

Jangan anggap remeh risiko gangguan kesehatan mental jika bicara soal memasuki masa pensiun. Selain kehilangan aktivitas rutin sehari-hari, para pensiunan juga rentan mengalami penurunan intensitas interaksi sosial sehingga lebih mudah kesepian, cemas, dan gelisah. Apabila gangguan kesehatan mental ini tidak dicegah dan dikelola dengan baik, pensiunan bisa berisiko mengalami depresi hingga gejala demensia. Oleh sebab itu, miliki kegiatan rutin favorit yang bisa meningkatkan suasana hati. Mulai dari berkebun, berternak, ikut komunitas hobi, menjalankan usaha kecil-kecilan, dan lain sebagainya.

3. Buat Strategi untuk Merawat Kesehatan Tubuh

Tips di atas tidak hanya membantu mengelola kesehatan mental, tapi juga mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meski sudah tidak bekerja, mereka akan tetap memiliki kegiatan fisik yang mendorong mereka bergerak. Manfaatnya sangat besar, mulai dari memberi latihan koordinasi dan kekuatan pada otot, tulang, dan sendi. Hingga memungkinkan mereka mendapat udara segar dan sinar matahari pagi sebagai sumber vitamin D alami. Selain aktivitas fisik rutin, strategi menjaga kesehatan dengan pola makan sehat dan teratur juga sama pentingnya. Sehingga meski usia pensiun identik dengan fisik lemah, kamu tidak mengalami hal tersebut.

Enervon Gold: Teman Sehat Lansia

Dengan usia pensiun karyawan swasta di atas, maka bisa dikatakan bahwa karyawan tersebut juga telah masuk kategori lanjut usia. Meski lansia identik dengan tubuh yang semakin lemah, namun kesehatan badan bagi lansia bukanlah hal yang mustahil. Terutama jika kamu sudah menjaga gaya hidup sehat sejak muda.

Bila diperlukan, lansia disarankan untuk mengonsumsi suplemen guna menambah asupan gizinya setiap hari. Terutama pada lansia yang sudah terganggu pola makannya. Dengan minum suplemen khusus lansia, para pensiunan pekerja akan mendapat tambahan nutrisi yang lengkap. Enervon yang satu ini melalui Tokopedia dan Shopee resmi.

Referensi:

https://www.hukumonline.com/klinik/a/usia-pensiun-diatur-berbeda-dari-peraturan-pemerintah-bolehkah-lt649946d730876/#