Zinc adalah salah satu mineral penting yang memberi banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya baik bagi kesehatan, kebutuhan zinc yang tercukupi juga menyehatkan kulit dan memiliki peran penting lainnya yang berkaitan dengan kecantikan. Nah, berikut ini akan diulas lebih jauh tentang manfaat dan cara memenuhi kebutuhan zinc di tubuh.

Zinc adalah?

Zinc adalah nutrisi penting yang umumnya bisa kamu temukan di dalam berbagai makanan baik nabati dan hewani. Selain itu, zat yang satu ini juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen tertentu. 

Perlu kamu pahami bahwa zinc adalah zat yang memiliki peran penting bagi kesehatan dan kecantikan. Dalam hal ini, asupan zinc yang terpenuhi akan mendukung kesehatan kulit, fungsi kekebalan, melindungi dari jerawat, peradangan, penyembuhan luka, tumbuh kembang, dan lain-lainnya.

Namun, tubuh tidak dapat memproduksi zinc secara mandiri, sehingga kamu harus memenuhinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc atau suplemen tertentu. Bahkan beberapa produsen obat-obatan juga menambahkan zinc ke dalam kandungan obat untuk meningkatkan efektivitas penyembuhan.

 

 

Manfaat Zinc untuk Kesehatan dan Kecantikan

Zinc adalah nutrisi penting yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kecantikan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya yang perlu kamu tahu.

1. Memperkuat Sistem Imunitas

Zinc penting untuk fungsi normal sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit dengan memperkuat respons imun.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka 

Zinc diperlukan untuk pemeliharaan jaringan dan penyembuhan luka. Konsumsi zinc yang cukup dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Zinc memiliki peran penting dalam kesehatan mata. Ini membantu menjaga kesehatan retina dan dapat mencegah risiko terjadinya beberapa masalah mata, seperti degenerasi makula terkait usia.

4. Menunjang Pertumbuhan Anak dan Remaja

Zinc adalah mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Ini sangat penting selama masa pertumbuhan anak-anak dan remaja.

5. Menjaga Pengaturan Hormon

Zinc berperan dalam regulasi hormon dalam tubuh, termasuk hormon insulin, yang penting untuk metabolisme gula darah.

6. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Zinc dapat membantu menjaga kulit yang sehat dan mempercepat penyembuhan jerawat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

7. Anti-Aging

Zinc memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan melambatkan proses penuaan kulit.

8. Rambut Kuat dan Sehat

Zinc berkontribusi pada kesehatan rambut dengan memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rontok.

9. Mengatur Produksi Minyak Kulit

Zinc dapat membantu mengatur produksi minyak pada kulit, sehingga membantu mengurangi kelebihan minyak dan mengontrol masalah kulit berminyak.

10. Memperkuat Kuku

Zinc dapat membantu memperkuat kuku dan mencegah kepekaan kuku yang rapuh dan mudah patah.

Meskipun zinc memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kecantikan, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan seimbang. Bila perlu, konsultasikan hal ini ke dokter atau profesional di bidang kesehatan lainnya sebelum mengubah pola makan atau mengonsumsi suplemen zinc.

 

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Zinc Sehari-hari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tubuh tidak dapat menghasilkan zinc secara alami. Oleh sebab itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc atau menambahkan suplemen zinc ke dalam pola makan harian guna memenuhi kebutuhan zinc di tubuh. Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan Kaya Zinc

Umumnya, zinc dari sumber hewani seperti daging dan produk susu lebih mudah diserap daripada zinc dari sumber nabati. Nah, jika kamu belum tahu sumber pangan apa saja yang memiliki kandungan zinc, berikut uraiannya.

  • Daging: Daging merah, daging unggas, dan ikan laut seperti kerang dan lobster.
  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang polong, kacang hijau, dan kacang tanah.
  • Biji-bijian: Biji-bijian seperti biji labu, biji bunga matahari, dan biji wijen.
  • Produk Susu: Susu, keju, dan yogurt adalah sumber zinc yang baik.
  • Tepung Sereal: Banyak sereal sarapan diperkaya dengan zinc.
  • Telur: Telur juga mengandung zinc dalam jumlah yang signifikan.

2. Konsumsi Zinc Bersama Makanan Lain

Zinc akan diserap lebih baik jika dikonsumsi bersama dengan makanan lain. Hindari mengonsumsi zinc dengan makanan yang mengandung fitat tinggi (misalnya, kacang-kacangan dan biji-bijian) karena hal ini justru dapat menghambat penyerapan zinc.

 

 

3. Konsumsi Enervon Active

Jika sulit untuk mendapatkan zinc dalam jumlah yang cukup melalui makanan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen zinc. Namun, pastikan jangan asal beli dan hanya memilih Enervon Active.

Enervon Active mengandung nutrisi penting yang terdiri dari Vitamin C dan B-Kompleks, serta Zinc. 

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan vitamin B-Kompleks bantu tingkatkan proses metabolisme yang menghasilkan energi. Lalu, kandungan Zinc di dalamnya akan mempercepat pengeluaran asam laktat, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Bahkan, Enervon Active pada tautan Tokopedia dan Shopee sekarang juga!

 

Referensi:

1. Jillian Kubala, MS, RD. Zinc: Everything You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/zinc

2. Mayo Clinic. Zinc. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-zinc/art-20366112