Kementrian Kesehatan RI merekomendasikan konsumsi gula per hari tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan empat sendok makan. Sementara American Heart Association, menganjurkan batasan konsumsi gula hanya 36 gram perhari untuk laki- laki dan 24 gram per hari untuk perempuan.

Itulah mengapa kamu perlu hati- hati dalam memilih makanan dan menjaga asupan gula, sehingga tidak melebihi jumlah yang dianjurkan.

Namun, sayangnya banyak makanan tidak sehat yang dipikir masih aman, tetapi justru mengandung gula tinggi. Berikut ini makanan yang perlu kamu perhatikan!

1. Instant oatmeal

Credit: health.veggieshake.com

Banyak yang beranggapan semua jenis oatmeal adalah makanan yang sehat. Oatmeal sendiri memang sehat, tetapi oatmeal instan yang sudah dikemas bisa mengandung hingga 14 gram gula per paketnya.

Sebaiknya, rendam oatmeal semalaman terlebih dahulu. Ambil oatmeal dengan ukuran setengah gelas dan masukkan ke dalam setengah gelas susu. Rendam semalaman di lemari es, dan kamu akan mendapatkan tekstur oat yang sempurna keesokan harinya.

2. Granola

Credit: bouldergranola.com

Granola seringkali dianggap sebagai salah satu makanan yang alami dan sehat. Namun, hati- hati terkecoh dengan kata ‘alami’ yang tertera pada kemasaan.

Granola seringkali ditambahkan pemanis seperti sirup maple, madu, dan lainnya, dalam jumlah yang banyak. Jadi, ketika membeli granola, cek terlebih dahulu komposisinya dan pastikan granola tersebut mengandung sedikit gula dan lebih banyak serat. Serat akan berfungsi untuk memperlambat penyerapan karbohidrat sederahana atau gula, serta dapat membuatmu cepat kenyang.

3. Makanan beku

Credit: menshealth.com

Makanan beku memang praktis dan terlihat enak untuk dikonsumsi. Namun, makanan ini justru tidak sehat karena mengandung sekitar 20- 40 gram gula dalam setiap porsinya. Dan hal ini akan meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Kamu harus cermat dalam memilih makanan yang pada labelnya bertuliskan rendah lemak atau tanpa lemak. Karena, ketika makanan beku dibuat, maka kandungan lemak dari makanan tersebut akan diambl dan digantikan dengan gula atau garam dalam jumlah banyak.

4. Sereal

Credit: qmul.ac.uk

Pabrik sereal seringkali mengakali kandungan gula dengan sajian takar. Biasanya, pabrik mencantumkan sajian takar lebih rendah, seperti seperempat mangkuk. Padahal, banyak orang yang mengonsumsi satu mangkuk sereal setiap harinya.

Kamu harus mengalikan ukuran takarnya dengan jumlah yang sebenarnya kamu konsumsi. Karena kalau tidak, kamu malah akan melebihi batas takaran gula per harinya.

5. Roti tawar

Credit: pbs.org

Roti tawar memang memiliki rasa yang nikmat, tapi roti tawar termasuk makanan tidak sehat karena mengandung banyak gula. Bahkan, pada standar roti kemasaan, sirup jagung dengan fruktosa tinggi seringkali jadi bahan utamanya. Biasakan membaca kembali komposisi pada kemasaan roti, karena tidak semua roti mengandung gula yang tinggi.

 

Itu dia kelima makanan tidak sehat yang tanpa disadari juga mengandung gula tinggi. Nah, untuk menjaga kesehatan tubuhmu, sebaiknya hindari makanan- makanan tersebut dan coba ganti dengan makanan yang lebih sehat. 

Dan untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin C dari Enervon. Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C yang mengandung vitamin C serta vitamin B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. 

Atau Enervon Active yang mengandung non acidic vitamin C dan Zinc yang membantu kamu tetap aktif dan biar nggak gampang lelah. 

 

 

 

Featured Image - vox.com