Snorkelling adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat sedang berpergian ke laut atau pantai. Namun, snorkelling tidak bisa sembarangan dan memerlukan Teknik khusus agar kegiatan ini tetap aman.

Untuk kamu yang masih pemula, berikut ini tips snorkelling yang perlu kamu ketahui!

1. Cek peralatan dan pemakaiannya

Credit: globosurfer.com

Sebelum snorkelling, sebaiknya cek terlebih dahulu peralatannya, seperti masker dan kaki katak. Jangan lupa periksa apakah snorkel masih layak pakai atau tidak, seperti adanya kebocoran. Selain itu, periksa juga kaki katak dengan baik, apakah masih cukup lentur dan sesuai dengan ukuran kaki.

2. Snorkelling bersama

Credit: perthocean.com

Saat snorkelling, terkadang tanpa disadari kamu berenang terlalu jauh bahkan sampai berpisah dengan rombongan. Namun, kamu tetap harus mengingat untuk selalu dekat dengan rombongan dan tidak terlalu jauh dari pinggir pantai atau pulau.

3. Biasakan bernafas dengan snorkel

Credit: civitatis.com

Saat menggunakan snorkel berarti kamu harus bernafas lewat mulut. Agar terbiasa, latihan terlebih dahulu dengan snorkel sebelum masuk ke dalam laut hingga terbiasa. Kelupaan bernafas lewat snorkel bisa saja terjadi. Dan hal ini justru bisa membuatmu kemasukan air lewat hidung.

4. Buat senyaman mungkin

Credit: seafarer-divers.com

Jika kamu tidak terbiasa berenang, maka bukan tidak mungkin akan merasa panik saat berada di bawah air. Untuk itu, coba perlahan angkat kaki dari dasar, lalu posisikan tubuh tertelungkup menghadap ke bawah, buka kaki dan tangan lalu seimbangkan tubuh agar bisa mengapung di atas air.  Dan jangan lupa ayunkan kaki seperti berenang dan bernafaslah lewat mulut.

5. Perhatikan keadaan sekitar

Credit: hotels.com

Begitu cantik dan mempesonanya pemandangan bawah laut seringkali membuatmu jadi terlena saat snorkelling. Hal ini bisa membuatmu jadi tidak memperhatikan keadaan sekitar. Jadi, coba selalu waspada dengan arus yang kencang, gelombang laut, hingga ekosistem laut yang ada.

6. Masker dan snorkel clearing

Credit: kumparan.com

Terkadang air laut bisa masuk ke dalam snorkel, hal ini disebabkan oleh ombak yang kurang menentu. Cobalah bersihkan snorkel dan maskermu. Caranya cukup dengan menarik nafas panjang lalu hembuskan nafas lewat mulu sehingga air keluar melalui corong snorkelling.

7. Tetap jaga kelestarian

Credit: viator.com

Selain menjaga keamanan diri sendiri, penting untuk tetap menjaga kelestarian alam bawah laut. Jangan sampai aktivitas snorkelling membuat terumbu karang dan biota lautnya jadi rusak. Hindari menyentuh atau menginjak terumbu karang, meninggalkan sampah, hingga memberi makan pada ikan. Jadi, pastikan kamu tetap menjaga keindahan alam sekitar, ya.

 

Nah, untuk kamu yang tertarik melakukan aktivitas snorkelling, jangan lupa untuk memperhatikan hal- hal tersebut ya. Selamat mencoba!

 

 

 

Featured Image - africatravelresource.com