Diet merupakan cara untuk menurunkan berat badan. Banyak jenis diet yang bisa kamu coba, tapi kebanyakan orang berdiet dengan mengurangi porsi makan atau dalam sehari hanya makan 1 atau 2 kali. Cara ini memang membuat berat badan cepat turun, tapi sayangnya kurang baik untuk kesehatan.

Sebagai alternative, kamu bisa melakukan diet buah. Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tapi diet buah juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Menurunkan tekanan darah

Credit: tribunnews.com

Mengonsumsi buah- buahan segar dan diimbangi dengan sayuran dapat menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk kamu yang memiliki riwayat darah tinggi.

Menurut hasil penelitian, orang yang memiliki darah tinggi sebaikmya melakukan diet buah, sayuran, produk susu yang rendah lemak, serta mengurangi konsumsi makanan berlemak jahat.

2. Menyehatkan pencernaan

Credit: moniquejhingon.com

Pencernaan adalah tempat dimana semua asupan yang kamu makan diolah dan akhirnya zat- zat atau vitamin disaring akan disalurkan ke masing- masing tempatnya. Pencernaan ini harus dijaga dengan baik, jika tidak maka makanan pun tidak bisa terproses dengan sempurna.

Untuk itu, dengan diet buah ini tentunya akan menjaga pencernaan tetap sehat karena buah mengandung serat alami yang bagus. Dan ini akan mencegah terjadinya konstipasi dan dapat membuat buang air besarmu tetap lancar.

3. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Credit: pbperkeni.or.id

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Untuk kamu yang ingin diet buah, sebaiknya pilih buah yang tidak terlalu manis dan hindari mengonsumsi buah dalam kaleng yang biasanya mengandung banyak gula.

Penyakit diabetes ini bisa melumpuhkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu akan mudah terserang penyakit lainnya. Dan bagi kamu yang sudah terkena diabetes dan sedang menjalani diet, kamu bisa mengonsumsi buah kiwi, ceri, jambu biji, berries, apel, nanas, semangka, dan papaya.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Credit: halodoc.com

Hampir semua penelitian memberikan hasil bahwa orang yang mengonsumsi banyak buah dan sayuran akan memiliki kesehatan yang lebih baik dibanding orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran. Selain itu, mengonsumsi buah- buahan dalam porsi banyak juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sehingga kemungkinan terkena penyakit jantung dan stroke bisa menurun.

Ada beberapa rekomendasi buah dan sayuran yang bagus untu mencegah penyakit jantung yaitu jeruk, anggur, lemon, dan limau.

5. Mampu melawan sel kanker

Credit: bayut.com

Semua orang memiliki sel kanker dalam tubuh masing- masing. Tapi, tidak semua orang memiliki sel kanker yang aktif. Bagi kamu yang sedang menjalani diet buah tentu sangat baik. Karena diet buah dapat melawan sel- sel kanker yang terdapat di tenggorokan, mulut, lambung, usus, kerongkongan, dan juga paru- paru.

6. Mata menjadi sehat

Credit: parade.com

Dengan banyaknya mengonsumsi buah- buahan tentu akan membantu menyehatkan mata, karena kandungan dari buah- buahan segar ini sangat bagus untuk kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya.

 

Agar diet dan gaya hidup sehatmu dapat memberikan hasil yang maksimal, maka konsumsilah buah- buahan dan juga sayuran secara konsisten. Jadi, mulai sekarang ganti cemilanmu dengan buah. Dan imbangi nutrisi tubuh dengan makanan lain yang mengandung nutrisi dan serat tinggi seperti sayuran dan biji- bijian.

Dan untuk melengkapi hidup sehatmu, jangan lupa untuk selalu konsumsi vitamin C dari Enervon, yang aman di lambung dan tidak memiliki efek samping.

 

 

Featured Image - healthline.com