Untuk melakukan pekerjaan dengan sungguh- sungguh, biasanya orang akan memilih untuk bekerja keras agar hasil yang didapat bisa maksimal. Tapi tidak hanya itu, karena ada metode kerja cerdas yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang tidak kalah baik, lho.

Namun, kalau kamu masih bingung dengan perbedaan karakteristik seseorang yang kerja keras dan kerja cerdas, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Karakteristik orang yang bekerja keras

1. Pantang menyerah

Credit: steemit.com

Ini mungkin salah satu karakteristik yang paling menonjol dari pekerja keras. Seorang yang suka bekerja keras akan berusaha semampunya untuk mencari cara bagaimana ia bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini juga sebagai pembuktian bahwa ia memiliki kemampuan yang bisa diperhitungkan oleh atasannya.

2. Membutuhkan waktu yang lebih

Credit: hubgets.com

Pekerja keras akan berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar tidak ada yang terlewatkan. Jadi, mereka ini membutuhkan waktu yang lebih dibanding pekerja lainnya.

3. Jelas dan terarah

Credit: thewritelife.com

Masih berhubungan dengan pantang menyerah, untuk mendapat apa yang diinginkan berarti kamu harus menentukan apa yang ingin dicari dan arahnya kemana. Agar apa yang dilakukan tidak berjalan dengan percuma.

4. Suka tantangan

Credit: cresogo.com

Bagi seorang pekerja keras dengan adanya tantangan berarti ini kesempatan mereka untuk mencoba dan mempelajari hal baru. Selain menambah wawasan, ini juga bisa menjadi poin tambahan untuk seorang pekerja keras.

Karakteristik kerja cerdas

1. Mencari metode kerja yang efisien

Credit: siteminder.com

Daripada capek kerja pulang malem, tipe pekerja ini cenderung mencari alternative lain dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Salah satu alasan mengapa mereka memilih metode kerja seperti ini adalah karena ia tidak cocok dengan metode kerja yang konvensional. Meskipun belum tentu efektif, tipe pekerja cerdas akan terus mencari sampai menemukan cara yang tepat baginya.

2. Mengutamakan kerjasama tim

Credit: industryweek.com

Kerjasama tim dibutuhkan oleh pekerja cerdas karena ia sedikit bergantung pada bantuan dan saran dari orang lain untuk mendapatkan metode kerja yang bisa menghasilkan produktivitas maksimal.

3. Bisa memanfaatkan momen

Credit: bustle.com

Jika seorang pekerja keras suka dengan tantangan, bukan berarti pekerja cerdas tidak menyukainya. Hanya saja, orang dengan tipe ini menunggu momen yang tepat untuk menerimanya.

Mereka cenderung memilah- mlah kesempatan mana yang dirasa mampu dilakukan, daripada menerima semuanya dengan risiko yang kurang diperhitungkan.

4. Konsisten dalam bekerja

Credit: themuse.com

Orang yang bekerja cerdas biasanya memiliki konsistensi pekerjaan yang lebih baik ketimbang seorang yang bekerja keras. Terutama, ketika sudah menemukan metode kerja yang tepat, segala pekerjaan pun dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat.

 

Itulah perbedaan karakteristik dari orang yang bekerja keras dan bekerja cerdas. Dari beberapa poin tersebut, kamu lebih dominan kemana nih? Intinya, kedua karakteristik tersebut sama baiknya, yang perlu diperhatikan hanya yang mana yang lebih cocok sama kepribadianmu.

 

 

 

Featured Image - whaleshares.io