Jika Singapura dan Malaysia sudah dikunjungi, wisatawan Indonesia biasanya akan mengunjungi Thailand sebagai destinasi liburan selanjutnya. Banyaknya destinasi wisata dan mudahnya penerbangan dari Indonesia, membuat Thailand masuk ke dalam bucket list liburanmu.

Selain itu, berbagai kuliner menarik di Thailand jangan sampai terlewat. Berikut ini 5 jenis makanan yang wajib kamu coba saat ke Thailand.

1. Tom Yum

Credit: unileverfoodsolutions.com

Walaupun di Indonesia banyak yang jual, tapi sup khas Thailand ini tetap harus kamu cicipi di negeri asalnya. Biasanya, udang yang disajikan berukuran lebih besar dan kuahnya lebih segar serta pedas.

Jika kamu singgah di Bangkok, ada salah satu restoran yang menjual Tom Yum di Ko Dang Talay, Asiatique The Riverfront. Sembari menikmati Tom Yom, kamu sekaligus bisa menikmati arsitektur bangunan resto yang menarik.

2. Phad Thai

Credit: schoolofwok.co.uk

Phad Thai ini mirip kwetiau goreng yang sering dijual di Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang membuat Phad Thai sangat khas.

Phad Thai dibuat dari rice noodles yang ditumis menggunakan fish sauce, udang, tauge, telur, dan taburan kacang. Kemudian disiram gula aren, kuah asam, dan perasan jeruk. Jadi, rasa yang dihasilkan merupakan perpaduan antara rasa manis, asam, dan gurih. Kamu bisa menemukan penjual Phad Thai di setiap sudut Thailand, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah.

3. Som Tam

Credit: tielandtothailand.com

Yang tidak boleh ketinggalan dicoba adalah Som Tam. Makanan ini memiliki bahan dasar papaya muda yang diserut atau dipotong tipis- tipis panjang, kemudian diolah menggunakan bawang putih, cabai, tomat ceri, saus ikan, serta jeruk nipis.

Di beberapa tempat, kamu bisa menemukan menu fried som tam, di mana papaya muda dan bahan- bahan lainnya digoreng sehingga tampak seperti bakwan. Unik kan!

4. Mango Sticky Rice

Credit: mooimom.id

Selain Tom Yum, sajian Mango Sticky Rice juga sering jadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke Thailand. Sajian ini berupa ketan yang disiram kuah santan manis, kemudian disajikan bersama irisan mangga. Kalau datang pada bulan Maret- Mei, kamu berpeluang untuk mendapat mangga yang lebih manis karena merupakan musim panen. Nikmat ya?

5. Durian Dessert

Credit: danielfooddiary.com

Sajian lezat terakhir yang wajib kamu coba yaitu durian dessert. Selain mangga, buah durian juga cukup terkenal di Thailand. Durian ini diolah menjadi berbagai macam dessert seperti es krim, shaved ice, honey toast, dan sticky rice.

Salah satu tempat makan dessert durian favorit di Thailand adalah After You Durian Room. Disini kamu akan menemukan banyak sekali pilihan menu dessert dari durian yang menggoda. Tetapi, antrian disini cukup panjang, jadi kamu harus bersabar ya.

 

Nah, itulah kelima jenis makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Thailand. Kamu ingin banget nyobain yang mana nih?

 

Featured Image - killingthyme.net