Menjalani pekerjaan freelance memang pilihan yang menarik bagi banyak orang. Alasan utamanya karena  kebebasan dalam bekerja tanpa dibatasi waktu dan tempat. Selain itu, tidak jarang klien akan membayar suatu proyek kerja freelance dengan nominal yang cukup tinggi.

Tetapi, mendapatkan proyek pekerjaan freelance tidaklah mudah. Berikut ini 5 trik yang bisa dilakukan para pemula untuk mendapat proyek pekerjaan freelance.

1. Gali minat dan bakat

Credit: koinworks.com

Mungkin kamu pernah berpikir tidak memiliki sesuatu yang bisa ditawarkan pada klien di dunia kerja freelance. Tetapi, coba ingat apa saja hal yang kamu minati. Terkadang, kamu menyepelekan minatmu pada sesuatu, karena kamu belum tahu apa yang bisa kamu dapatkan dari hal tersebut.

Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan di dunia kerja freelance dengan minatmu tersebut, gali minatmu, dan terus belajar dari berbagai referensi. Dengan bekerja sesuai minat, kamu juga bisa lebih bahagia lho!

2. Bagilah pengalamanmu sebelumnya

Credit: iprice.co.id

Setelah kamu tahu apa yang kamu minati dan kuasai, coba mulai incar proyek pekerjaan freelance tertentu yang berhubungan dengan minatmu itu. Apakah itu tulisan, desain, atau fotografi.

Apapun yang pernah kamu lakukan dengan skill yang akan kamu tawarkan pada klien bisa menjadi modal awal bagi kamu dalam memasuki dan mendapatkan proyek pekerjaan freelance. Misalnya, kamu pernah membuat desain poster suatu event maka tunjukkan pada klien.

3. Buat portofolio kamu sendiri

Credit: archdaily.com

Banyak yang takut bekerja sebagai freelancer karena merasa belum berpengalaman dalam pekerjaan yang akan dijalani. Dan biasanya beberapa pekerjaan freelance membutuhkan bukti berupa portofolio yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

Nah, cobalah untuk membuat portofolimu sendiri. Jika kamu ingin mendapat proyek kerja freelance sebagai penulis, buatlah tulisan. Bisa berupa artikel, cerita fiksi, atau mungkin puisi. Kamu bisa menuliskan hal- hal yang kamu suka dan minati.

4. Promosikan dirimu

Credit: socialmediastrategiessummit.com

Setelah kamu menyelesaikan portofoliomu, kini saatnya kamu mencari proyek pekerjaan freelance pertamamu. Tawarkan keahlianmu dengan orang- orang terdekat seperti keluarga, teman- teman, atau siapapun yang mungkin bisa menjadi klienmu kedepannya. Temui mereka, dan cari tahu kebutuhan mereka yang mungkin bisa kamu lakukan dengan keahlianmu.

5. Manfaatkan internet

Credit: makeuseof.com

Tentu saja internet mempermudah kamu untuk mendapat klien pertamamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam mendapatkan proyek pekerjaan freelance dengan internet. Seperti kamu bisa mencari di situs- situs kerja freelance.

Atau kamu bisa membuat blog atau website untuk mendapat proyek pekerjaan freelance. Jadikan website kamu mudah dicari dan menarik untuk dikunjungi dengan menaruh portofolio yang kamu miliki. Dan cantumkan kontak yang mudah dihubungi oleh calon klienmu.

Dan kamu juga bisa mengirim email ke calon- calon klien kamu. Pertama, kumpulkan daftar email yang menjadi target klienmu berdasarkan keahlian kamu. Kemudian, tulis email  yang menunjukkan apa yang bisa kamu tawarkan pada mereka. Buat email yang menarik dan jangan lupa cantumkan kontak yang bisa dihubungi.

 

Itulah 5 trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapat proyek pekerjaan freelance. Kerja freelance memang menjanjikan, namun semua ini butuh usaha dan proses yang perlu kamu jalani. Jadi, jangan ragu untuk menilai setiap potensi dalam dirimu, ya!

 

 

Featured Image - sleekr.co