Vitamin B tidak hanya ada satu jenis saja, tetapi ada 8 jenis yang juga disebut vitamin B kompleks. Semua vitamin B berperan dalam mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh.

Vitamin B penting untuk memastikan sel- sel tubuh berfungsi dengan baik. Selain berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh (metabolisme), vitamin B juga berfungsi membuat sel darah baru, memelihara sel- sel kulit, menjaga sel- sel otak, serta jaringan tubuh lainnya.

Kedelapan jenis vitamin B ini memiliki berbagai manfaat, apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Credit: hellosehat.com

Vitamin B1 membuat tubuh dapat mengolah karbohidrat menjadi energi. Vitamin ini penting untuk metabolisme glukosa, dan berperan dalam memelihara fungsi saraf, otot, dan jantung. Vitamin B1 membantu mencegah komplikasi pada sistem saraf, otak, otot, jantung, perut, dan usus. Selain itu, vitamin B1 juga mencegah penyakit seperti beri- beri, yang melibatkan gangguan jantung, saraf, dan sistem pencernaan.

Dapatkan vitamin B1 dari buah dan sayuran, seperti kembang kol, hati, jeruk, kentang, asparagus, dan kangkung.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Credit: alodokter.com

Kamu ingin kulit dan mata tetap sehat? Cukupi kebutuhan harian vitamin B2. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta membantu tubuh mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

Dapatkan vitamin B2 dari ikan, telur, susu, sayur, atau nasi. Namun, jauhkan makanan- makanan ini dari paparan sinar matahari, karena bisa merusak vitamin B2 yang terkandung di dalamnya.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Credit: biovalens.com

Vitamin B3 berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit, dan mengubah makanan menjadi sumber energi bagi tubuh. Sumber terbaik vitamin B3 yang bisa kamu konsumsi adalah susu, kacang- kacangan, telur, ikan, dan daging sapi.

4. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Credit: healthxchange.sg

Vitamin B5 dapat membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Selain itu, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi karena bantuan dari vitamin B5 ini.

Vitamin B5 bisa kamu temukan dalam makanan seperti kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan juga nasi merah.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Credit: bodynutrition.org

Vitamin B6 membantu membentuk haemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Saluran pencernaan, otot, dan beberapa bagian dari sistem imunitas pun terjaga dengan adanya vitamin B6 dalam tubuhmu.

Vitamin B6 bisa kamu dapatkan dari kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang.

6. Vitamin B7 (Biotin)

Credit: hellosehat.com

Vitamin B7 memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak serta glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Dapatkan sumber vitamin B7 dengan mengonsumsi pisang, salmon, wortel, sereal, hati, dan kembang kol. 

7. Vitamin B9 (Folic Acid)

Credit: papillex.com

Bersama vitamin B12, vitamin B9 penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu, vitamin B9 juga bisa membantu sel- sel tubuh dalam pembuatan serta menjaga DNA. Mengonsumsi vitamin B9 saat hamil bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecatatan sistem saraf pusat.

Kamu bisa mengonsumsi makanan sumber vitamin B9 seperti brokoli, kacang- kacangan, kacang polong, asparagus, bayam, dan sereal.

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Credit: timesnownews.com

Vitamin B12 penting dalam memproduksi sel darah merah, membantu memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi dan menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dari salmon, daging, susu, keju, dan telur.

 

Penuhi kebutuhan vitamin B kompleks agar sistem tubuh tetap berjalan dengan baik. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan penyakit beri- beri, anemia, kram otot, mati rasa dan kesemutan pada kaki, mudah lelah, nafsu makan berkurang, dan melemahnya sistem imun tubuh.

Selain dari makanan- makanan yang sudah disebutkan, dapatkan vitamin B kompleks dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc yang aman bagi lambung dan membantu staminamu sehingga kamu tetap aktif dan tidak mudah lelah.

 

Featured Image - nutritiontribune.com