Populer sebagai sumber pendapatan bagi banyak orang, tidak dipungkiri bahwa pekerjaan freelance memang menawarkan sejumlah keuntungan yang menggiurkan. Seperti dapat bekerja dimana saja, serta memiliki waktu yang fleksibel.

Meski begitu, bukan berarti freelancer itu bisa bekerja di sembarang tempat, lho. Tempat yang nyaman tentu saja menghasilkan mood dan kualitas kerja yang jauh lebih baik.

Berikut ini beberapa ‘versi’ ngantor ala pekerja freelance yang bisa dijadikan referensi.

1. Ngantor di ‘kantor’

Credit: cairopulse.net

Tenang saja, ini bukan kantor si bos besar, kok. Kantor yang dimaksud adalah kantor yang disewa oleh freelancer sebagai tempatnya bekerja. Karena, bagi sebagian orang, tempat yang baik agar tetap fokus pada pekerjaan adalah di kantor.

Menyewa kantor ini bisa menjadi pilihan bagi pekerja freelance yang sudah memiliki sumber pendapatan tetap. Atau kamu juga bisa mengajak sesama freelancer untuk berbagi kantor agar mengurangi beban biaya.

2. Ngantor di rumah

Credit: getbestrevenue.com

Banyak sekali freelancer yang memilih untuk bekerja di rumah. Alasannya, karena adalah merasa lebih nyaman. Selain itu, ada banyak spot dalam rumah untuk dijadikan tempat bekerja, seperti kamar tidur, ruang tamu, atau bahkan di meja makan sembari minum kopi.

3. Ngantor di perpustakaan

Credit: medium.com

Kamu mungkin ingat, saat masih sekolah atau kuliah, perpustakaan sering menjadi tempat paling nyaman untuk mengerjakan tugas. Suasananya sangat mendukung dan tenang.

Selain memiliki suasana yang tenang, kamu pun bisa mendapat berbagai referensi dari buku ataupun internet, tidak perlu membayar untuk masuk, dan kamu bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ada disana.

4. Ngantor di kedai kopi

Credit: freelancewritinggigs.com

‘ngantor’ ala freelancer di kedai kopi adalah pilihan yang sering kali dimanfaatkan, setidaknya dua kali selama sebulan. Selain dapat merasakan suasana yang berbeda, bagi kamu yang juga pecinta kopi, bekerja sambil minum minuman favorit kamu pasti menyenangkan.

Selain itu, ketika kamu ‘ngantor’ di kedai kopi, kamu bisa sembali bersosialisasi dengan banyak orang, serta mendapatkan berbagai inspirasi.

5. Ngantor di taman

Credit: eyeem.com

Bekerja di taman juga bisa jadi pilihan bagi kamu pekerja freelance yang jenuh dan ingin berada di ruang terbuka. Tiupan angin sepoi, riuh pepohonan, serta orang- orang yang datang untuk bersenang- senang atau olahraga bisa jadi sumber inspirasi.

Selain mendapat banyak inspirasi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang, bisa membawa makanan atau minuman sendiri, serta berada di lingkungan yang segar dan menginspirasi.

 

Penting bagi para freelancer untuk menemukan tempat atau ruang kerja yang nyaman dan mendukung produktivitasnya. Nah, lima referensi ‘ngantor’ ala freelancer di atas bisa kamu coba, ya. Atau kamu bisa mencoba tempat- tempat lainnya, selama kamu merasa nyaman serta bebas gangguan agar kamu bisa fokus bekerja.

 

 

Featured Image - flexjobs.com