Musim hujan sampai saat ini masih berlangsung. Mungkin banyak dari kamu yang ingin melakukan berbagai kegiatan, termasuk travelling. Kamu tidak perlu menunda travelling hanya karena sedang musim hujan, berbagai tips berikut ini akan membantu kamu agar liburan tetap seru! Dijamin deh kamu ngga bakal crancky selama liburan.

1. Gunakan pakaian yang simple dan tahan air

Credit: mydomaine.com

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan saat hujan adalah pakaian jadi basah. Nah, sebaiknya gunakan pakaian yang simple, atau jika ada gunakan pakaian waterproof, seperti jaket parasut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pakaian hangat, seperti sweater, syal, dan pakaian lainnya yang bisa membuatmu hangat. Jangan lupa gunakan sepatu boots jika kamu tidak mau sepatumu jadi kotor dan basah.

2. Gunakan pelindung tas

Credit: styledegree.sg

Selain pakaian, barang lainnya yang harus dilindungi dari hujan tas, terutama kalau kamu memakai ransel saat travelling. Tidak hanya itu, jika kamu membawa koper, sebaiknya gunakan juga penutup tas tersebut. Selain untuk melindungi tas dari hujan, penutup ini juga bermanfaat sebagai pelindung tambahan saat pengecekan tas di bandara.

3. Bawa jas hujan dan payung yang ringan

Credit: roadaffair.com

Ketika kamu liburan saat musim hujan, jangan lupa untuk membawa jas hujan atau ponco. Ada baiknya, kamu membawa jas hujan yang tipis dan ringan, agar tidak membuat tasmu menjadi penuh. Atau kamu juga bisa membawa payung kecil ringan yang praktis dibawa kemana saja.

4. Pantau ramalan cuaca dan rencanakan perjalanan saat tidak hujan

Credit: smithsonianmag.com

Selalu cek cuaca di tempat tujuanmu. Kamu bisa mencari informasi tentang cuaca melalui TV atau internet. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi cuaca yang akan terjadi ketika kamu akan mengunjungi tempat tersebut.

5. Pergi ke tempat wisata indoor

Credit: wusfnews.wusf.usf.edu

Kalau kamu tidak mau terkena hujan, atau repot karena hujan, kamu bisa berpergian ke wisata indoor misalnya museum atau wahana bermain di dalam ruangan. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi repot dengan berbagai barang yang harus dibawa.

6. Pesan penerbangan tanpa transit

Credit: hipwee.com

Terkadang harga penerbangan dengan transit memang lebih murah. Tapi, di saat musim hujan seperti sekarang ini, ada baiknya kamu memilih penerbangan langsung.

Selain mempersingkat waktu perjalanan, kamu bisa meminimalisir cuaca buruk yang berkepanjangan. Penerbangan transit juga bisa membuat biayamu jadi membludak, karena kamu harus mengeluarkan uang ekstra untuk makan, mampir ke tempat, atau menginap sambil menunggu penerbangan selanjutnya.

7. Antisipasi pesawat delay saat cuaca buruk

Credit: egencia.com

Semua orang pasti menginginkan datang ke tempat tujuan dengan tepat waktu. Namun, terkadang kita harus menunggu lama karena penerbangan delay akibat cuaca buruk. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menyiapkan beberapa hal sebagai pengisi waktu menunggu. Misalnya, dengan membaca buku, menonton film, atau mengerjakan pekerjaan yang tertunda.

8. Bawa multivitamin

Credit: healthline.com

Musim hujan dengan suhu yang berubah- ubah bisa membuat sakit, bisa- bisa saatEnervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Dengan begitu, travelling jadi semakin lancar karena tubuh selalu fit dan bugar.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk liburan saat musim hujan. Dijamin deh liburanmu tetap nyaman! 

 

Featured Image - plesirankotatua.blogspot.com