Vitamin untuk otak diperlukan agar organ ini dapat berkembang dengan sempurna dan berfungsi dengan baik. Pada orang dewasa, beberapa jenis vitamin diketahui dapat membantu meningkatkan daya ingat otak dan kemampuan kognitif. Tidak hanya itu, beberapa vitamin ini dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Setiap orang perlu mencukupi nutrisi, termasuk vitamin untuk menjaga kesehatan otak. Berbagai jenis vitamin untuk meningkatkan daya ingat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat maupun dari multivitamin.

Berikut ini beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan otak untuk meningkatkan daya ingatnya.

1. Vitamin C

Credit: liputan6.com

Vitamin C telah lama dikenal sebagai antioksidan. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, termasuk meningkakan daya ingat. Sebuah studi menyebut bahwa, vitamin C memiliki sifat protektif yang bisa melindungi otak dari risiko kerusakan dan hilangnya daya ingat.

Makanan yang mengandung vitamin C adalah buah dan sayuran, seperti papaya, mangga, jeruk, jambu biji, brokoli, tomat, bayam, kentang.

2. Vitamin B1

Credit: hellosehat.com

Kekurangan vitamin B1 atau tiamin dapat menyebabkan gangguan otak yang disebut Syndrom Wernicke-Korsakoff. Kondisi ini dapat membuat penderitanya mengalami kebingungan, amnesia atau hilang ingatan, sulit memahami informasi yang diterima, hingga terjadi gangguan koordinasi gerakan tubuh dan berhalusinasi.

Untuk mengurangi risiko gangguan ini, kamu bisa mengonsumsi vitamin B1 secara rutin dari makanan seperrti kacang- kacangan, nasi, daging, ikan, dan sereal.

3. Vitamin B6

Credit: sehatq.com

Vitamin B6 yang banyak terkandung di dalam pisang, kentang, kacang, dan gandum utuh ini berperan dalam menjaga agar otak dapat berfungsi dengan baik, serta dapat membantu perkembangan otak pada anak.

Selain itu, vitamin B6 berperan dalam proses produksi serotonin dan norepinephrine yang berfungsi untuk menjaga suasana hati serta membantu otak dalam mengendalikan stres. Dan vitamin B6 juga bermanfaat untuk menunjang produksi hormon melatonin untuk mengatur jam tidur.

4. Vitamin B9

Credit: sehatq.com

Vitamin ini dikenal sebagai asam folat, yaitu vitamin yang membantu produksi sel darah merah dalam tubuh dan menyuplai oksigen ke otak. Inilah mengapa konsumsi vitamin B9 bisa membantu meningkatkan daya ingat. Kamu bisa memperoleh vitamin B9 dari makanan seperti biji- bijian dan buah- buahan seperti jeruk dan tomat.

5. Vitamin B12

Credit: hellosehat.com

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu lapisan pelindung saraf otak. Vitamin B12 berfungsi untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi. Dapatkan asupan vitamin B12 dari daging ayam, ikan, susu rendah lemak, keju, yogurt, dan telur.

 

Selain dari makanan, vitamin untuk otak tersebut juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks, untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk membantu menjaga stamina mu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kedua multivitamin tersebut mengandung vitamin C dan juga vitamin B kompleks yang mampu meningkatkan daya ingat otak. Dan selain rutin mengonsumsi vitamin, imbangi gaya hidup sehatmu dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi waktu tidur, dan kurangi stres.

 

 

Featured Image - parenting.orami.co.id