Salah satu cara untuk mencegah tertular virus corona adalah dengan menggunakan masker. Namun, masker seperti apakah yang sebaiknya dipakai? Jenis masker bedah biasa atau masker jenis N95 yang berfungsi untuk mencegah partikel?

Berikut ini ulasan mengenai masker yang tepat untuk mencegah infeksi virus corona.

Penggunaan Masker Sebagai Pencegahan Infeksi Virus Corona

Credit: shutterstock.com

Masker merupakan salah satu alat perlindungan diri yang dapat menghalangi tubuh dari paparan polusi udara dan debu. Penggunaan masker juga merupakan upaya untuk tertular berbagai macam penyakit yang tersebar lewat partikel- partikel di udara.

Penggunaan masker sendiri merupakan perlindungan dari virus corona yang sebaiknya dilakukan. Saat ini, terdapat dua jenis masker yang banyak dipilih, yaitu masker bedah dan masker N95.

Surgical mask atau face mask merupakan jenis masker sekali pakai yang sering digunakan oleh tenaga medis saat menangani pasien. Surgical mask mudah ditemukan dan harganya lebih terjangkau, sehingga sebagian besar orang menggunakan masker ini untuk sehari- hari.

Jenis masker ini bisa melindungimu dengan mencegah paparan partikel besar di udara yang mungkin mengandung virus. Selain itu, masker ini juga dapat menghalangimu dari percikan cairan tubuh orang lain yang dikeluarkan saat bersin atau batuk.

Sedangkan, masker N95 adalah masker yang dibuat untuk menghalangi partikel besar dan kecil di udara yang mengandung virus. Tidak hanya untuk mencegahan penyakit, masker ini juga sering digunakan oleh para pekerja yang berada di area penuh paparan zat berbahaya.

Namun, penggunaan masker N95 untuk pencegahan virus corona kurang disarankan untuk pemakaian sehari- hari. Jenis masker ini lebih sulit digunakan dan bisa membuat ruang bernafas lebih terbatas.

Jadi, untuk menghindari virus corona, sebaiknya gunakan surgical mask. Dan agar lebih efektif, kamu bisa mengganti masker dengan yang baru selama beberapa jam sekali atau ketika masker sudah terasa lembab.

Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus Corona

Credit: abc.net.au

Cara kamu menggunakan dan melepas masker dapat berpengaruh pada kerja masker untuk melindungimu dari virus corona. Sebelum menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu. Jika masker yang digunakan memiliki warna yang berbeda di kedua sisinya, sisi yang berwarna putih adalah bagian dalam yang menyentuh kulit. Sedangkan warna hijau atau biru berada di sisi luar.

Pada masker karet, kamu cukup mengaitkan tali karet di belakang telinga. Untuk masker tali, posisikan dahulu bagian masker yang berkawat pada hidung dengan jari. Ikat dua tali yang ada di sisi atasnya. Setelah menggantung, tarik masker sampai menutupi dagu dan ikat tali di sisi bahwanya pada tengkukmu.

Ketika ingin melepasnya, tarik tali yang menggantung di telinga dari belakang untuk melepas masker. Jika kmau menyentuh bagian depan masker sebelum melepasnya, kamu malah akan memindahkan kontaminan ke tanganmu.

Hal Lain yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Virus Corona Selain Memakai Masker

Credit: medicalnewstoday.com

Apapun jenis masker yang kamu gunakan, tapi melakukan  satu jenis pencegahan saja tidak akan memberi hasil perlindungan yang maksimal. Berikut adalah berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona, selain menggunakan masker.

  • Pertama, yang paling penting adalah menjaga Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit. Ketika sistem imun tubuhmu tinggi, maka tubuh pun akan terhindar dari berbagai macam virus maupun penyakit.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air setiap beberapa kali sehari, terutama setelah batuk dan bersin, setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan sebelum menyentuh wajah. Pastikan kamu membersihkan area di sela- sela jari. Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan air dan sabun, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.
  • Jalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri.
  • Istirahat yang cukup. Karena jam tidur yang baik bisa meningkatkan imunitas tubuh agar lebih kebal terhadap infeksi penyakit.

Saat ini, virus corona sudah masuk ke Indonesia, ada baiknya kamu selalu menjaga kesehatan dan tidak lengah dengan keadaan. Dan yang paling utama adalah menjaga daya tahan tubuhmu, dengan rutin mengonsumsi vitamin C dan makan makanan yang bergizi seimbang. Ketika sistem imun tubuhmu tinggi, maka tubuh pun akan terhindar dari berbagai macam virus maupun penyakit, termasuk virus corona. 

 

 

Featured Image - matadornetwork.com