Konsumsi Vitamin C 2000mg Sehari. Apakah Aman?

Konsumsi Vitamin C 2000mg Sehari. Apakah Aman?

font size A «ć

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang harus kamu penuhi setiap hari. Vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Ini penting terutama ditengah wabah virus corona yang sedang terjadi belakangan ini.

Selain itu, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas, melawan infeksi atau peradangan dalam tubuh, hingga dapat menjaga kesehatan otak.

Saat ini, sudah banyak sekali mulvitamin yang mengandung vitamin C 500mg sampai 1000mg, yang baik untuk dikonsumsi dua kali sehari. Namun, amankah jika kita mengonsumsi vitamin C 2000mg sehari? Dan berapa rata- rata jumlah kebutuhan vitamin C harian?

Kebutuhan Vitamin C Dalam Sehari

Konsumsi Vitamin C 2000mg Sehari. Apakah Aman?

Credit: kumparan.com

Penting sekali untuk mengetahui kebutuhan vitamin C untuk tubuh. Ketentuan mengenai kebutuhan vitamin C sehari- hari tergantung pada usia dan tentunya aktivitas sehari- hari. Biasanya, orang dengan aktivitas padat membutuhkan vitamin C lebih tinggi, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan energi sepanjang hari.

Selain itu, orang dewasa dengan kondisi tertentu, seperti ibu hamil dan menyusui juga membutuhkan vitamin C. Namun, untuk dosis pastinya sebaiknya langsung konsultasikan pada dokter kandungan, ya.

Kebutuhan tubuh akan vitamin C bisa terpenuhi melalui makanan- makanan yang dikonsumsi sehari- hari, seperti dari sayuran dan buah- buahan. Tapi sayangnya, karena aktivitas yang sibuk membuat banyak orang tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C di dalam tubuhnya.

Mengonsumsi Vitamin C 2000mg Sehari, Apakah Aman?

Konsumsi Vitamin C 2000mg Sehari. Apakah Aman?

Credit: kompasiana.com

Saat ini, banyak sekali multivitamin vitamin C yang dijual di pasaran mengandung 500mg sampai 1000mg. Dan bahkan disarankan untuk mengonsumsinya dua kali dalam sehari, lalu apakah ini aman untuk tubuh?

Tentu saja aman. Dalam buku Vitamin C and The Common Cold menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin c 2000mg sehari dapat membuat seseorang merasa lebih bugar dan sehat. Bahkan, dikatakan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi dapat memperpanjang usia sampai 30 tahun dan menghindarkan mereka dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, vitamin C merupakan vitamin yang larut air sehingga ketika kamu mengonsumsinya, zat- zat yang terkandung di dalamnya akan diserap tubuh, dan sisa- sisa zat yang tidak diperlukan akan dikeluarkan lewat urin. Jadi, kamu tidak perlu takut kalau sisa- sisa vitamin tersebut mengendap di dalam tubuh.

Kamu bisa konsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari karena kandungan vitamin C di dalamnya masih 1000 mg. Sehingga aman diminum secara rutin, untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu terutama di tengah wabah virus corona.  Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet maupun effervescent yang mampu menyegarkan!

Selain dengan rutin mengonsumsi vitamin C, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, terapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan tidur, perbanyak minum air putih, dan rutin berolahraga.

 

Featured Image - wholefoodsmagazine.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!