Perlu kamu ketahui nih kalau ternyata terkait dengan pandemi virus corona atau covid-19, beberapa negara tetangga sudah menerapkan travel ban. Apa itu travel ban? Buat kamu yang masih asing dengan istilah ini, travel ban adalah larangan berpergian yang diterapkan untuk warga negara terkait.

Travel ban ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah melalui instansi terkait. Nah, biasanya juga – larangan berpergian ini tidak hanya berlaku oleh warga negara yang terkait saja, tapi juga para pelancong. Oleh karena itu, diharapkan kamu yang sudah punya rencana untuk traveling, mesti bersabar sampai pandemi ini berakhir.

 

 

Selagi menunggu pandemi virus corona atau covid-19 ini selesai, agar tidak tertular atau terpapar virus ini, kamu juga mesti menjaga diri dengan baik ya. Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar terhindari dari paparan virus tersebut adalah memastikan selalu daya tahan tubuh kamu optimal.

Hal ini terkait dengan serangan virus tersebut yang hinggap di tubuh seseorang yang sudah tidak punya daya tahan tubuh yang baik. Oleh karena itu, jangan ragu untuk makan makanan bernutrisi serta konsumsi juga multivitamin seperti Enervon C agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga dengan baik!

Kembali lagi ke soal negara-negara tetangga – setidaknya sudah lima negara di sekitar Indonesia yang sudah menerapkan travel ban untuk warga negaranya. Negara apa saja yang dimaksud? Untuk selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Malaysia

credit: straitstimes.com

Negara yang bersisian dengan Indonesia ini sudah menerapkan travel ban untuk warga negaranya dan menolak kedatangan para turis di segala titik perbatasannya. Singkatnya, Malaysia juga sepertinya sudah menerapkan kebijakan lockdown.

Hal ini terkait dengan pengumuman yang sudah mereka keluarkan kalau mulai dari tanggal 18 Maret 2020, warga negara Malaysia untuk sementara dilarang untuk berpergian ke luar negeri dan sebaliknya para pendatang juga dilarang masuk ke negaranya.

 

Filipina

credit: nytimes.com

Berbeda dengan Malaysia – negara tetangga yang satu ini sudah menyatakan kondisi darurat selama enam bulan ke depan. Hal ini terkait dengan penerapan travel ban serta lockdown yang dilakukan pihak terkait untuk menekan jumlah orang yang terjangkit virus corona ini.

Bahkan di Luzon – salah satu pulau besar di Filipina, semua transportasi umum yang ada di sana sudah ditangguhkan.

 

Singapura

credit: straitstimes.com

Cukup berbeda juga dengan dua negara tetangga di atas – Singapura, sebagai negara tetangga dekat dengan Indonesia menerapkan sistem baru dalam penerimaan pendatang ke negaranya. Negara yang terkenal dengan menara Merlion ini mengharuskan mereka yang baru datang untuk dikarantina.

Karantina yang dilakukan oleh pihak terkait di Singapura setidaknya memakan waktu sampai 14 hari. Kurun waktu tersebut juga ditelisik adalah periode di mana mereka bisa mengetahui apakah pendatang tersebut terjangkit virus corona atau tidak.

 

Taiwan

 

Negara tetangga yang satu ini sudah benar-benar melarang warga negara asing untuk datang ke negaranya – terkecuali mereka yang punya izin tinggal, dan urusan diplomatic. Hal ini sudah diterapkan mereka dari tanggal 18 Maret 2020.

Nah, untuk para wisatawan yang sudah berada di sana sebelum pandemi ini berkembang dengan pesat, mereka wajib dikarantina terlebih dahulu selama 14 hari di tempat tinggal masing-masing.

 

Thailand

 

Thailand sepertinya menjadi negara tetangga yang masih memperbolehkan wisatawan datang tapi dengan syarat mereka mesti menunjukan sertifikat kesehatan dari pihak-pihak terkait. Maskapai yang membawa para wisatawan tersebut mesti memeriksa riwayat penumpangnya terlebih dahulu.

Nah wisatawan yang datang ke sana juga mesti mengizinkan pemerintah untuk melacak mereka melalui aplikasi yang akan disematkan pada ponsel masing-masing tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih? Kamu yang sudah punya rencana untuk traveling, sepertinya bersabar dulu sampai pandemi ini berakhir. Oh iya, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan serta daya tahan tubuh yang baik agar terhindari dari paparan virus atau penyakit lainnya ya!

 

Feature Image – ttgasia.com