Berbagai cara dilakukan agar kita dapat terhindar dari penularan virus corona. Berbagai cara tersebut dilakukan di saat physical distancing atau jaga jarak seperti yang sedang dilakukan sebagian besar orang saat ini.

Salah satu cara agar terhindar dari virus corona adalah dengan berjemur di pagi hari. Ini bermanfaat agar tubuh dapat memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari paparan sinar UV. Tubuh membutuhkan vitamin D agar sistem imun tubuh meningkat, terutama di masa pandemic virus corona.

Namun, sebelumnya ada 3 hal tentang berjemur di bawah sinar matahari pagi yang harus kamu ketahui, agar kamu dapat mempraktikkan aktivitas berjemur dengan benar dan mendapatkan manfaat yang maksimal. Apa saja 3 hal tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Waktu Berjemur yang Baik

Credit: health.detik.com

Menurut sebuah studi dari Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics pada tahun 2012, setengah populasi manusia di dunia masih kekurangan asupan vitamin D.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D secara maksimal dengan berjemur mulai dari pukul 10.00 sampai 11.00 siang. Lakukan aktivitas ini secara rutin selama 10 sampai 15 menit, untuk mencegah kerusakan atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari yang berlebih.

Jika kamu berjemur di rentang waktu tersebut, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup.

2. Manfaat Berjemur Secara Rutin

Credit: popmama.com

Sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh yang dapat memberikan berbagai manfaat baik. Seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, dan otot.

Selain itu, berjemur secara rutin dapat memperbaiki kualitas tidur. Hal ini karena sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormone melatonin di dalam tubuh. Melatonin merupakan hormone yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin rendah, maka siklus tidur dapat terganggu. Dan ketika kamu kurang tidur, maka dapat mempengaruhi daya tahan tubuhmu juga, lho.

Berjemur di pagi hari juga membuat tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih ini memiliki peran penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi maupun penyakit, termasuk virus corona.

3. Tips Berjemur

Credit: cnnindonesia.com

Saat berjemur di bawah sinar matahar pagi, sebaiknya kamu tetap menggunakan sunscreen yang berfungsi untuk melindungi kulitmu dari efek buruk terik sinar matahari dan agar kulitmu tidak mudah terbakar. Dengan begitu, kulitmu tetap terlindungi dan tubuh pun mendapat asupan vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungimu dari virus corona.

Selain dengan rutin berjemur, agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga, terapkan gaya hidup sehat yang meliputi perbanyak konsumsi sayur dan buah, konsumsi makanan gizi seimbang, rutin berolahraga, cukupi waktu istirahatmu, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung vitamin C dan B Kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - klikdokter.com