Virus corona atau COVID-19 saat ini sedang menjadi perhatian serius Pemerintah Indonesia, tak terkecuali Pemprov DKI Jakarta. Masyarakat dihimbau untuk beraktivitas di rumah untuk sementara waktu.

Bahkan, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa penutupan tempat wisata di Jakarta akibat peningkatan penyebaran virus corona. Penutupan tempat wisata di Jakarta ini akan diperpanjang hingga 12 April 2020 mendatang. Sebelumnya, berbagai tempat wisata di Jakarta ini sudah ditutup sejak tanggal 14-29 Maret, dan kemudian diperpanjang.

Selama proses penutupan, akan dilakukan proses disinfeksi agar kebersihan tempat- tempat wisata tersebut tetap terjaga.

Lalu, apa saja tempat wisata di Jakarta yang ditutup karena penyebaran virus corona? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Monas

Credit: liputan6.com

Salah satu lokasi wisata terpopuler di Jakarta, yaitu Monas menjadi tempat wisata yang ditutup dalam rangka mengantisipasi semakin meluasnya penyebaran virus corona. Penutupan Monas sudah dilakukan sejak tanggal 14 Maret 2020 lalu.

2. Kota Tua

Credit: tribunnews.com

Lokasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung ini juga ikut ditutup karena penyebaran virus corona.  Suasana di Kota Tua pun saat ini terlihat sangat sepi. Tidak ada aktivitas atau acara meriah seperti biasa di lokasi wisata ini.

Selain Kota Tua, museum- museum yang berada di kawasan Kota Tua juga ikut ditutup. Seperti Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, dan Museum Bahari yang sudah menginformasikan penutupan sementara akibat penyebaran virus corona.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Credit: penawisata.com

Selain Monas dan Kota Tua, tempat wisata Ancol pun ikut ditutup oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi penyebaran virus corona. Kawasan Ancol yang ditutup meliputi, Pantai Ancol, Allianz Ecopark, Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures, dan Sea World Ancol.

4. Taman Ismail Marzuki

Credit: travelspromo.com

Lokasi wisata selanjutnya yang terkena dampak penyebaran virus corona adalah Taman Ismail Marzuki. Lokasi wisata ini ditutup hingga tanggal 12 April 2020 mendatang, tak terkecuali Planetraium.

Taman Ismail Marzuki sudah ditutup sejak tanggal 14 Maret lalu, dan akan kembali dibuka pada tanggal 12 April, namun tentu pihak pengelola akan menunggu arahan untuk tindakan selanjutnya.

5. Taman Margasatwa Ragunan

Credit: wisatajakartablog.blogspot.com

Badan Layanan Umum Daerah Taman Margsatwa Ragunan ikut memperpanjang masa penutupan sementara hingga 12 April mendatang dalam rangka upaya mencegah peluasan penyebaran virus corona. Sebelumnya, Ragunan sudah ditutup sementara selama kurang lebih 2 minggu, mulai dari tanggal 14-30 Maret.

Saat ini sudah tiga pekan Ragunan ditutup sementara. Dan upaya ini dilakukan untuk membantu mengurangi laju penyebaran virus corona di tempat keramaian.

Selain kelima tempat wisata di atas, berbagai tempat wisata di Jakarta lainnya yang memberlakukan penutupan sementara adalah Anjungan DKI di TMII, PBB Setu Babakan, Rumah Si Pitung, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Pulau Onrust, dan Museum Joang ’45.

 

Featured Image - dolanyok.com