Seperti yang sudah diketahui bersama kalau penyebaran virus corona atau covid-19 ini sudah mendunia. Artinya tidak hanya Indonesia saja yang sedang berjuang untuk mengakhiri pandemi ini, tapi juga berbagai negara lainnya, termasuk Italia.

Berdasarkan data yang ada – Italia adalah salah satu negara yang punya jumlah kasus paparan yang tinggi. Oleh karena itu, sistem work from home dan tidak ke mana-mana terlebih dahulu juga diterapkan pemerintah di sana.

Bahkan deretan hotel, restoran, dan kafe serta beberapa bisnis besar tutup di sana. Para penduduk di Italia diperitnahkan untuk berdiam diri dulu di rumah dan menghindari perjalanan yang bukan darurat. Hal ini sepertinya berlaku sama untuk para traveler yang datang ke sana.

Terutama di Kota Venesia. Sudah menjadi rahasia umum kalau kota yang satu ini sepertinya menjadi salah satu kota dengan tatanan terindah di dunia. Terbukti kalau rata-rata ada lima juta orang yang traveling ke Italia, sebagian besar pasti ke Kota Venesia.

 

 

Kota Venesia bahkan berulang kali menjadi latar suatu adegan dalam film. Baik itu film aksi atau juga drama. Hal ini sudah jelas dikarenakan oleh keindahan tatanan kota ini yang begitu menakjubkan.

 

credit: fortune.com

Venesia dikenal dunia juga karena keindahan kanal-kanal yang meliuk-liuk indah di tengah-tengah gedung-gedung tinggi di sana. Hal ini tentu membuat para traveler yang ingin menyelusuri kota ini dengan cara yang beda karena mesti menggunakan gondola.

Menggunakan gondola untuk menyusuri kanal-kanal di Kota Venesia menjadi agenda para traveler yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Seakan, jika belum naik gondola – berarti belum resmi mengunjungi Venesia.

Namun hal tersebut ternyata tidak selalu membawa dampak positif bagi kanal-kanal di Kota Venesia. Jika sedang high season – kanal ini kerap terlihat dihiasi oleh beberapa jenis sampah yang ditinggalkan oleh traveler tidak bertanggung jawab.

 

Kanal Venesia Bersih dan Muncul Ikan-ikan Kecil!

credit: nbcnews.com

Akan tetapi kondisi tersebut sepertinya berubah total ketika Italia mendapatkan predikat sebagai salah satu kota berstatus merah untuk pandemi virus corona atau covid-19 ini. Kota Venesia mendadak sepi dari turis ataupun traveler.

Hal tersebut menjadikan kanal-kanal di Kota Venesia seakan bernapas. Kanal di sana menjadi bersih, air kanal yang cukup tenang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil sekarang bermunculan di dalamnya. Kemunculan banyak ikan ini ditandai oleh beberapa burung pemakan ikan yang banyak bertengger di pinggir kanal.

 

 

Diharapkan setelah pandemi ini selesai – kanal-kanal Kota Venesia akan tetap begitu adanya, bersih dan menjadi rumah yang nyaman bagi banyak ikan-ikan yang sekarang ini tengah bermunculan. Wah jika semuanya sudah aman dan tenang – apakah kamu mau traveling Kota Venesia dan naik gondola di sana?

 

Feature Image – booking.com