Ulasan Soal Pentingnya 'Jaga Jarak' di Tengah Pandemi Virus Corona Ini

Ulasan Soal Pentingnya 'Jaga Jarak' di Tengah Pandemi Virus Corona Ini

font size A Ǎ

Sudah tidak diragukan lagi kalau jaga jarak di tengah Pandemi Covid-19 ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi jumlah penyebarannya. Hal ini juga ditegaskan oleh salah satu asisten professor di Fakultas Kedokteran Universitas California, Robert Signer.

Dilansir dari infografik di katadata.co.id – Robert Signer menyebutkan jaga jarak fisik atau physical distancing adalah cara yang efektif untuk menurunkan penyebaran virus corona. Hal ini terkait dengan jumlah laju penyebaran infeksi yang signifikan jika melakukan physical distancing.

 

Dilihat Dari Laju Penyebaran Infeksi

Ulasan Soal Pentingnya 'Jaga Jarak' di Tengah Pandemi Virus Corona Ini

credit: solopos.com

Jika dilihat dari laju penyebaran infeksi tanpa physical distancing, di hari pertama mungkin ada 1 orang yang terinfeksi. Lalu, lima hari ke depan bisa bertambah menjadi 2,5 orang. Dan sampai pada hari ke 30 jika tidak ada batasan fisik, jumlah yang terinfeksi bisa meningkat sampai 406 orang.

 

 

Perbedaan signifikan bisa dilihat jika orang-orang melakukan physical distancing dengan catatan 50% pengurangan kontak sosial. Mungkin hari pertama hanya satu orang saja yang terinfeksi, hari ke lima hanya 1,25 orang, dan pada hari ke 30 hanya 15 yang terinfeksi. Cukup berbeda dari yang pertama, kan?

Lain halnya kalau diberlakukannya 75% pengurangan kontak sosial. Ini artinya physical distancing yang diterapkan sudah cukup ketat. Namun, hasilnya adalah jika hari pertama ada satu yang terinfeksi, hari ke lima hanya ada 0,6 orang dan di hari ke 30 hanya ada 2,5 orang saja yang terinfeksi.

Sumber perhitungan ini berdasarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Robert Signer dan dimuat juga di CNN Internasional. Dari tiga tahap tersebut – bisa disimpulkan bahwa disiplin menerapkan physical distancing adalah salah satu kunci menekan angka infeksi Virus Corona.

 

5 Langkah Mudah Physical Distancing

Berdasarkan penjelasan data yang ada di atas – timbul pertanyaan bagaimana sebenarnya menerapkan konsep physical distancing ini. Masih dalam situs referensi yang sama yaitu katadata.co.id – setidaknya ada lima langkah mudah untuk menerapkan ‘jaga jarak’ ini.

 

Pertama, Menghindari Transportasi Publik

Buat kamu yang biasa berotasi dengan cepat karena adanya fasilitas transportasi publik yang semakin maju dan nyaman ini – dalam masa pandemi Covid-19 ini sebisa mungkin untuk tidak menggunakan transportasi publik terlebih dahulu.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sementara ini, entah sepeda motor, mobil, atau bahkan sepeda saja. Jika memang darurat mesti menggunakan transportasi publik, pastikan kamu menerapkan kaidah-kaidah yang benar seperti menggunakan masker, memastikan tangan bersih dengan hand sanitizer dan tidak mudah menyentuh wajah.

 

Kedua, Tidak Melakukan Kunjungan Dulu

Bersilaturahmi adalah salah satu cara kamu untuk selalu dekat dengan orang-orang terkasih. Namun di masa pandemi ini, lebih baik kamu tidak melakukan kunjungan terlebih dahulu. Sebagai langkah antisipasi, lebih baik kamu di rumah dulu.

 

Ketiga, Jaga Jarak 2 Meter

Jika mau tidak mau mesti keluar rumah dan berada di publik, pastikan kamu menjaga jarak per 2 meter dari orang lain. Jarak 2 meter ini diekspektasikan menjadi jarak yang cukup aman untuk menghindari paparan Virus Corona.

 

Keempat, Menunda Liburan

Memang benar kalau waktu-waktu ini adalah periode menjelangnya high season untuk traveling. Bagaimana tidak, libur puasa, libur hari raya akan jadi liburan yang ditunggu oleh siapapun karena ingin jalan-jalan.

Namun jika pandemi ini masih berlangsung – lebih baik kamu tidak pergi liburan ke luar kota atau ke luar negeri terlebih dahulu ya.

 

Kelima, Olahraga dan Jaga Daya Tahan Tubuh

Walau kamu tetap berada di rumah, kamu bisa lho untuk terus berolahraga yang tanpa melibatkan banyak orang. Apa saja macam olahraga tersebut? Kamu bisa berlari, mencoba yoga atau bahkan angkat beban sederhana.

Selain itu, kamu juga mesti terus menjaga daya tahan tubuh untuk terus optimal. Daya tahan tubuh yang kuat adalah salah satu cara yang efektif untuk terhindari dari paparan Virus Corona. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi serta melengkapinya dengan multivitamin seperti Enervon-C, dijamin daya tahan tubuh kamu akan oke terus.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah jelas ya apa saja yang bisa kamu lakukan dan terapkan. Untuk sementara ini, memang lebih baik di rumah saja dulu!

 

Feature Image – farmaku.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!