Ini 5 Cara Simpel Jaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Virus Corona

Ini 5 Cara Simpel Jaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Virus Corona

font size A Ǎ

Tidak dipungkiri kalau Virus Corona akhirnya memicu ketidakpastian di hampir seluruh belahan dunia. Hal ini terkait dengan segala pemberitaan yang tidak ada habisnya. Pandemi ini sedikit banyaknya memengaruhi kesehatan mental.

Pengaruh ke kesehatan mental karena berita Virus Corona juga sudah diperhatikan oleh WHO sebagai Lembaga Kesehatan Dunia yang sudah mengeluarkan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental tersebut.

 

 

Terkait dengan kesehatan mental yang dimaksud, salah satu kontributor di lembaga amal Anxiety UK menyatakan kalau kecemasan karena ketidakberdayaan dan kegagalan untuk menoleransi ketidakpastian merupakan ciri-ciri khas pada banyak kasus gangguan kecemasan.

 

Ini 5 Cara Simpel Jaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Virus Corona

credit: alodokter.com

Oleh karena itu, kamu juga mesti mengetahui beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental. Berdasarkan situs bbc.com – setidaknya ada lima cara sederhana untuk bantu kamu jaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini.

Penasaran apa saja cara-caranya? Daripada menebak-nebak, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Membatasi Konsumsi Berita Harian

Cara pertama untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini adalah membatasi konsumsi terkait berita yang ada. Kamu bisa membatasi waktu membaca atau menonton yang tidak membuat kamu lebih baik.

Memilih berita yang sudah tersebar luas dan tidak mudah percaya dengan berita yang ada adalah salah satu cara untuk menghindarkan kamu dari tekanan yang diciptakan oleh berita-berita yang ada.

 

Non Aktif Dari Media Sosial

Kamu bisa lho untuk memutuskan tidak aktif bersosial media terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat kamu tidak terkontaminasi dari berita-berita yang tidak baik untuk kesehatan mental. Namun, hal ini sifatnya sementara karena kamu juga perlu memperbaharui berita yang ada.

Pilihan yang bijak selama kamu non aktif dari media sosial adalah membaca buku, atau mencoba hobi-hobi yang selama ini belum sempat kamu jalani.

 

Jaga Kebersihan, Cuci Tangan

Kemudian, cara lain yang bisa kamu terapkan untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental adalah menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan. Namun, juga jangan berlebihan ya. Pastikan saja jika sehabis menyentuh permukaan benda, kamu segera cuci tangan dengan sabun.

Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara efektif untuk menekan infeksi virus corona. Jika kamu berada di luar rumah karena keadaan yang penting, pastikan kamu membawa hand sanitizer untuk tetap menjaga tangan kamu bersih ya.

 

Terapkan Physical Distancing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas – kalau kamu dalam keadaan genting atau darurat mesti keluar rumah, pastikan kamu menerapkan physical distancing ya. Semisalnya kalau antre di minimarket, kamu mesti menjaga jarak dengan orang lain.

Gunakan masker, dan berusaha tidak menyentuh bagian apapun yang ada di wajah sebelum memastikan kalau tangan kamu bersih ya.

 

Jangan Sampai Kelelahan

Terlepas dari hal di atas – ada satu hal yang penting juga kamu mesti lakukan, yaitu menjaga tubuh kamu agar tidak mudah kelelahan. Kelelahan membuka peluang untuk tubuh kamu kehilangan daya tahan tubuh yang baik.

Oleh karena itu, kamu terus mengonsumsi makanan bernutrisi serta mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal. Jika daya tahan tubuh kamu oke, kamu bisa terhindar dari paparan virus ini, lho.

 

 

Nah bagaimana nih? Terkait lima cara sederhana yang ada di atas – kamu bisa tetap menjaga kesehatan mental dengan menerapkan beberapa cara yang sudah dijelaskan, ya.

 

Feature Image – kompasiana.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!