Selama bekerja dari rumah atau work from home mungkin membuatmu lebih jarang bergerak dan lebih sering mengonsumsi makanan apa saja yang ada di kulkas. Dalam hal ini makanan bisa jadi musuh terburukmu.

Atau sebaliknya, selama work from home kamu justru jadi lebih mudah makan dan hanya fokus bekerja saja. Kedua hal ini sama buruknya, terutama untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kamu.

Sebaiknya, mulai sekarang coba untuk mengatur pola makanmu selama work from home. Bagaimana caranya? Berikut ini 5 cara mudah yang bisa kamu terapkan.

1. Mengatur Jadwal

Credit: stopcoloncancernow.com

Bagi kamu yang sudah terbiasa bekerja dari rumah pasti sudah hafal dengan rutinitas harianmu, mulai dari bangun, mandi, sarapan, bersiap- siap selayaknya pekerja kantoran, termasuk jadwal makanmu. Namun, bagi yang baru merasakan work from home saat pandemic Covid-19, hal ini memang sedikit sulit dilakukan, terutama dalam mengatur jadwal makan. Alih- alih, kamu malah jadi lebih sering mengemil.

Untuk itu, coba biasakan untuk mengatur jadwal seperti biasa. Misalnya, tetap sarapan, makan siang di jam yang sama seperti istirahat di kantor, dan beberapa waktu istirahat kecil.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, telur, alpukat, atau roti yang dapat membuat kamu tetap kenyang dan fokus. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengemil setiap saat.

2. Sebaiknya Hindari Makan Di Meja Kerja

Credit: health.clevelandclinic.org

Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa makan di meja kerja dapat membantu pekerjaanmu cepat selesai. Namun, hal ini justru salah. Ketika makan di meja kerja, fokusmu justru akan terbagi, dan waktu istirahatmu pun dapat berkurang.

3. Batasi Konsumsi Kafein

Credit: nbcnews.com

Untuk kamu yang baru menjalani work from home mungkin jadi lebih sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, terutama kopi. Selama bekerja dari rumah, sebaiknya konsumsi kafein antara pukul 9 sampai 11 pagi. Ini adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi kafein, sehingga tidak akan mengganggu siklus tidurmu. Dan batasi konsumsi kafein sampai 400 miligram per hari atau setara dengan empat hingga lima cangkir kopi.

Dan ingat, perbanyak minum air mineral. Pastikan selalu ada gelas atau botol minum berisi air mineral di meja kerjamu, sehingga lebih mudah dijangkau dan kebutuhan cairan tubuhmu dapat terpenuhi.

4. Konsumsi Camilan Sehat

Credit: healthline.com

Kamu pasti tidak ingin ngemil berlebihan, karena dapat membuat berat badanmu naik. Oleh karena itu, sebelum membuka kulkas, coba tanyakan pada dirimu, “apakah kamu makan karena lapar, bosan, stres, kesal, atau kesepian?”

Ketika lapar, maka segera isi perutmu. Tentu saja dengan camilan sehat seperti  apel dan pir, kurma, sayuran seperti wortel, atau smoothie.

5.  Buat Jurnal Makanan

Credit: medium.com

Nutrisi yang dibutuhkan masing- masing orang pasti berbeda, tergantung jenis pekerjaan dan kondisi tubuh. Maka dari itu, sebaiknya buatlah jurnal makanan saat kamu bekerja dari rumah. Pantau bagaimana perasaanmu sepanjang hari, terutama mengenai energimu. Tulislah pola yang muncul pada jurnal tersebut.

Pada masa isolasi seperti sekarang ini memang memerlukan adaptasi, termasuk penyesuaian pola makan. Namun, dalam menemukan pola makan, tentunya dibutuhkan adaptasi. Jadi, tidak apa- apa selama kamu mencoba untuk lebih mengatur pola makanmu selama work from home.

Nah, itulah kelima cara mudah untuk menjaga pola makanmu selama bekerja dari rumah. Menerapkan pola makan sehat tentu saja dapat menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain pola makan sehat, agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga, cobalah untuk rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dua kali sehari.

 

Featured Image - globalexcellenceonline.com

Source - cnnindonesia.com