Walau sekarang ini pergerakan kamu sedang dibatasi terkait penekanan angka penularan virus corona atau Covid-19, kamu tetap bisa kok jajan seperti biasa. Belanja online, menggunakan fitur di ojek online adalah beberapa caranya. Eits, tapi jangan sampai malah boros, nih!

Siapa di antara kamu yang secara tidak sadar dari hari Senin sampai Minggu selalu jajan online untuk menemani kesibukan saat work from home? Tidak apa-apa sih karena camilan atau kudapan menjadi salah satu teman terbaik kamu saat mengerjakan pekerjaan kantor di rumah.

Tapi ada yang mesti kamu perhitungkan, nih. Jelas hal yang dimaksud adalah keuangan bulanan kamu. Apakah dengan WFH seperti ini malah membuat kamu semakin boros? Kalau iya, wah sayang sekali nih. Sederhananya, jika kamu berada di rumah, kamu mestinya hemat!

Tenang – buat kamu yang sudah merasa boros karena jajan online – tidak apa, di bahasan kali ini, kamu akan diajak untuk mengetahui dan menerapkan setidaknya ada lima cara cerdas untuk mengatur kembali keuangan kamu selama WFH.

 

 

Penasaran apa saja kira-kira caranya? Daripada menebak-nebak sendiri, sekarang sila simak bahasan ini terlebih dahulu sampai habis ya!

 

5 Cara Cerdas Atur Keuangan Saat WFH

credit: idntimes.com

 

Pisahkan Rekening Khusus Untuk Jajan Online

Buat kamu yang sudah terbiasa untuk jajan online saat work from home – cara cerdas pertama yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu terapkan adalah membuat rekening khusus untuk kamu jajan. Hal ini tentu akan membuat kamu tahu budget yang sudah dipisahkan untuk jajan online.

Dengan memisahkan rekening khusus untuk jajan online – kamu sudah menyelamatkan keuangan utama kamu, lho. Hal ini terkait dengan ‘kebocoran’ yang kerap terjadi, nih. Jika sudah dipisah, kamu bisa atur lagi dengan budget yang ada untuk beberapa hari WFH ke depan.

 

Bikin Anggaran Khusus

Cara cerdas yang kedua untuk jajan online kamu adalah membuat anggaran terpisah! Pastikan kamu sudah tahu nih kira-kira berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk jajan tiap harinya. Dan apa saja yang biasa kamu beli, kamu bisa catat ke dalam anggaran tersebut.

Anggaran ini berfungsi sebagai reminder buat kamu. Artinya, kamu akan segera tahu sampai di mana kamu jajan, berapa jumlah uang yang kamu pakai serta ini jadi rem tersendiri jika menurut kamu jumlah uang yang dianggarkan sudah mencapai limitnya.

Dari sini, kamu jadi tahu batasnya sampai di mana jumlah uang yang kamu anggarkan. Jika sudah begini, jangan ‘bocor’ ke rekening utama ya!

 

Rencana Mau Jajan Apa Saja

Terkait dengan cara kedua di atas – kamu bisa mulai buat rencana kira-kira dalam satu minggu ke depan, kamu mau jajan apa saja. Termasuk ketahui harga dan jumlah item yang kamu beli ya. Dari sini kamu jadi tahu persis bagaimana anggaran kamu akan berjalan

 

Jadi Diskon Hunter!

Kalau kamu ingin hemat tapi juga mau jajan – jadi pemburu diskon adalah salah satu solusinya, nih! Banyak restoran, café atau tempat jajanan sering lho memberikan diskon serta promosi, jadi kamu bisa pergunakan itu untuk menghemat budget jajan online yang ada!

 

Catat dan Evaluasi

Terbaca sederhana, namun jika setiap pengeluaran tidak kamu catat – kamu jadi tidak tahu bagaimana efisiensi anggaran yang sudah dibuat. Jadi, catat setiap jajan online kamu – hal ini akan berguna jika kamu ingin membuat anggaran baru di minggu selanjutnya!

 

 

Nah bagaimana? Sudah paham bagaimana caranya untuk menghemat dan masih bisa jajan online saat masa pandemi Covid-19 ini?

 

Feature Image – cosmopolitan.co.id