Mencuci tangan merupakan salah satu langkah paling mudah dan efektif untuk menghindari penyebaran Covid-19. Cuci tangan sebaiknya dilakukan secara rutin. Terutama, setelah batuk atau bersin, setelah berada di tempat publik, sesudah menyentuh permukaan apapun yang ada di luar rumah, sebelum dan sesudah makan, dan sesudah menggunakan toilet.

Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, mencuci tangan harus dilakukan dengan benar dan baik. Kamu perlu mengikuti cara- cara yang direkomendasikan, karena dengan begitu kamu dapat membunuh atau mengurangi virus yang berpotensi membuatmu sakit.

Nah, oleh karena itu ada 5 kesalahan yang wajib kamu hindari ketika mencuci tangan. Berikut ini ulasannya.

1. Menggunakan Sabun Terlebih Dahulu

Credit: inews.id

Kesalahan ini seringkali dilakukan tanpa disadari, banyak orang yang masih menaruh sabun terlebih dahulu di tangan, baru kemudian membasahi tangan mereka. Namun, sebaiknya selalu basahi tanganmu dahulu, karena kelembaban yang menciptakan busa lebih baik dan optimal dalam melawan kontaminan, seperti kuman, bakteri, atau virus yang menempel pada tangan.

2. Hanya Menggosok Bagian Telapak Tangan

Credit: hellosehat.com

Hindari hanya menggosok bagian telapak tangan saja ketika mencuci tangan, karena bakteri, kuman, atau virus bisa saja ada di seluruh permukaan tangan. Berikut ini langkah- langkah mencuci tangan yang sebaiknya kamu terapkan:

  • Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu tuang sabun secukupnya.
  • Gosok kedua telapak tangan.
  • Gunakan tangan kanan untuk menggosok punggung tangan dan jari- jari tangan kiri kea rah depan. Ulangi dengan tangan satunya.
  • Masukkan jari- jari tangan kanan ke sela jari tangan kiri, lalu gosokkan keduanya.
  • Rapatkan jari tangan, bentuk seperti kait. Kemudian, gosok kedua tangan serta sela- sela jari.
  • Genggam ibu jari kiri dengan tangan kanan, lalu pitar beberapa kali. Ulangi dengan tangan satunya.
  • Gosok telapak tangan kiri dengan ujung jari tangan kanan. Ulangi dengan tangan satunya.
  • Bilas tangan hingga sabun hilang dan keringkan.
  • Lakukan langkah- langkah mencuci tangan ini selama 20 detik.

3. Tidak Menggunakan Sabun

Credit: sehatq.com

Kesalahan ini seringkali dilakukan ketika kita merasa tangan masih bersih, sehingga tidak perlu mencucinya dengan sabun. Hal ini harus dihindari ya! sebaiknya tetap gunakan air mengalir dan sabun ketika mencuci tangan. Hal ini karena sabun dapat mengangkat bakteri, kuman, atau virus yang ada di kulit.

Jika kamu tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun, sebaiknya gunakan hand sanitizer yang mengandung 70% alcohol.

4. Tidak Mengeringkan Tangan

Credit: bolastylo.bolasport.com

Sebagian besar orang juga masih sering melakukan kesalahan ini. Dan lebih memilih untuk membiarkan tangan kering dengan sendirinya. Padahal, kuman dapat berpindah lebih mudah ke dan dari tangan yang basah, lho. Jadi, selalu keringkan tanganmu dengan handuk atau tisu, ya.

Tapi, tetap pastikan handuk yang kamu gunakan itu bersih. Karena bakteri dapat tumbuh di handuk lembab, dan ketika kamu mengeringkan tangan menggunakan handuk lembab tersebut, kuman akan berpindah ke tanganmu.

5. Langsung Menyentuh Benda- Benda Disekitar

Credit: loop.co.id

Untuk menghindari kembali terpapar kuman atau virus setelah mencuci tangan, hindari langsung menyentuh benda- benda di sekitar, seperti gagang pintu atau keran wastafel. Apalagi jika kamu menggunakan toilet umum, ya. sebaiknya gunakan tisu untuk mematikan keran wastafel atau memegang gagang pintu.

Itulah kelima kesalahan yang wajib kamu hindari saat mencuci tangan. Selain mencuci tangan, agar kamu tetap terhindar dari penularan  Covid-19, penting untuk selalu menjaga kesehatan. Terapkan pola makan sehat, olahraga rutin, tidur selama 7-8 jam semalam, cukupi kebutuhan cairan tubuh, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu.

 

Featured Image - nypost.com