Terkait dengan pandemi virus corona atau Covid-19 yang sekarang masih berlangsung ini, salah satu cara menekan angka penularannya adalah dengan tidak keluar rumah. Bahkan pemerintah beserta instansi terkait sudah menerapkan sistem PSBB.

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah sistem yang membuat banyak orang mesti berada di rumah. Seperti pegawai kantoran yang akhirnya mesti mentaati sistem work from home atau WFH. Untuk menekan angka penularan Covid-19, banyak dari pegawai mesti bekerja dari rumah.

 

 

Hal ini juga berlaku kepada banyak anak-anak sekolah, lho. Banyak dari mereka, dari berbagai jenjang pendidikan mesti belajar dari rumah. Si kecil kamu juga begitu kan? Bagaimana aktivitasnya di rumah? Apakah si kecil kamu tetap belajar dengan baik?

Selain belajar dari buku pelajaran, kamu bisa bantu belajarnya si kecil jadi semakin efektif, lho. Kelas online, program belajar mandiri adalah deretan fitur dari aplikasi belajar online gratis yang ditujukan untuk si kecil yang mesti belajar dari rumah.

Nah aplikasi apa saja yang memberikan penawaran menarik buat si kecil terus belajar dengan efektif? Di bawah ini, setidaknya ada lima rekomendasi aplikasi belajar online menarik yang bisa kamu aturkan untuk si kecil belajar di rumah.

Rekomendasi 5 Aplikasi Belajar Online

credit: happinest.com

 

Ruangguru

Bisa diunduh di berbagai platform – kamu bisa unduh Ruangguru sebagai aplikasi belajar online untuk si kecil. Di kelas online yang ditawarkan, Ruangguru menyediakan berbagai materi dari berbagai mata pelajaran inti berdasarkan kurikulum nasional. Dipandu oleh mentor-mentor pilihan, si kecil bisa belajar dari konten video yang ada di dalam aplikasinya.

Atau, untuk sekarang ini – Ruangguru membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai dari Senin 16 Maret 2020 lalu. Mulai dari pukul 8 pagi sampai 12 siang – Senin sampai Jumat kamu bisa tonton konten videonya di aplikasi terkait.

 

Zenius

Zenius juga menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan berbagai jenis ujian. Lengkap untuk SD, SMP, bahkan SMA – aplikasi Zenius bisa diunduh di PlayStore atau AppStore.

Akses konten video pembelajaran di Zenius gratis serta mayoritas video pembelajaran dihadirkan dalam format yang cukup berbeda. Format yang ada adalah whiteboard sehingga hanya memerlukan kuota internet yang tidak banyak.

 

Google: Google Suite for Education

Google tidak mau ketinggalan, nih. Google Suite for Education juga menyediakan fitur-fitur membantu siswa dan guru untuk melakukan aktivitas belajar mengajar di mana pun dan kapan pun. Di sini, si kecil dan guru sekolahnya bisa lho untuk ikut belajar mengajar di kelas online.

 

Microsoft: Office 365 for Education

Tidak jauh berbeda dengan Google sebelumnya, Microsoft juga tidak mau kalah dengan menawarkan berbagai fasilitas yang mumpuni untuk guru menyelenggarakan kelas online. Kamu bisa arahkan si kecil untuk belajar dari rumah di kelas online itu ya.

 

Quipper School

Menjadi platform sekolah digital tanpa biaya – kamu bisa lho mengaturkan Quipper untuk si kecil belajar online.  Dari platform ini para guru tetap bisa mengirimkan pekerjaan rumah, tugas dan ujian secara online dan mudah.

Terkait dengan penyebaran Covid-19 yang sudah jadi pandemi seperti ini, Quipper memiliki sistem LMS yang memudahkan para guru untuk membuat materi dan bisa dinikmati oleh para murid dengan mudah.

 

 

Nah bagaimana? Tidak ke sekolah secara fisik – tapi kamu tetap bisa mengaturkan si kecil belajar dengan kelas online ya!

 

Feature Image – sinarharapan.co