Social-physical distancing, PSBB, sampai ke work from home adalah sederet peraturan yang mesti ditaati untuk hampir semua orang di pandemi Covid-19 sekarang ini. Tentu, hal ini mengacu ke penekanan penularan virus corona yang dinilai cukup efektif.

Nah, apa kabar nih kamu yang terus menerus sedang work from home atau WFH. Walau kadang terasa menjemukan atau membosankan, sementara di rumah dulu adalah salah satu cara terbaik menghindarkan kamu dan keluarga dari penularan Covid-19 ini.

 

 

Terlebih di waktu sekarang ini yang sudah masuk ke dalam bulan Ramadhan atau bulan puasa – kamu yang memeluk agama Islam, tentu berpuasa adalah kewajibannya. Eits, tidak berarti berpuasa membuat kamu yang sedang WFH tidak produktif, ya!

Walau berpuasa, kamu tetap harus produktif. Minimal, tanggung jawab pekerjaan kantor kamu selesaikan dengan baik dan benar. Buat kamu yang sedang bertanya-tanya bagaimana caranya untuk tetap produktif selama berpuasa di WFH ini, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Tetap Produktif Selama Berpuasa dan WFH

credit: expresscomputer.in

 

Lakukan Olahraga Ringan!

Percaya atau tidak – hal pertama yang kamu mesti ketahui dan bisa kamu terapkan agar tetap produktif selama puasa dan WFH adalah melakukan gerakan-gerakan ringan atau olahraga kecil. Hal ini secara umum dan sederhana akan membuat tubuh kamu tetap segar dan bugar.

Tidak jadi halangan ya walau berpuasa kamu jadi tidak ingin melakukan apa-apa. Justru melakukan olahraga ringan akan membuat tubuh dan pikiran mu segar sehingga ini yang akan membuat kamu untuk tetap produktif.

Lakukan pemanasan di pagi hari setelah sahur, dan mungkin sebelum berbuka. Tidak perlu olahraga yang mengeluarkan banyak keringat – yang ringan saja. Semisalnya angkat beban, pilih beban antara 1-3 kilogram saja dan melakukan gerakan repetitive 1-2 set saja.

 

Mengonsumsi Air Dengan Jumlah yang Cukup

Sahur adalah pintu gerbang untuk menuju puasa satu hari penuh. Oleh karena itu, ada yang mesti kamu perhatikan saat kamu makan sahur. Selain mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik, kamu juga mesti menjaga konsumsi air ke tubuh kamu dengan jumlah yang cukup.

Tubuh kita didominasi oleh cairan. Oleh karena itu, kebutuhan air di dalam tubuh mesti kamu cukupi saat sahur. Nah untuk menjaga produktivitas kamu saat berpuasa dan WFH, kamu bisa lho mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active.

Kenapa Enervon Active? Enervon Active mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks dan Zinc yang akan membuat metabolisme di dalam tubuh kamu lancar dan optimal. Dari sini, tentu kamu akan mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan banyak aktivitas di rumah!

Apakah aman mengonsumsi multivitamin setiap hari seperti Enervon Active? Aman kok! Hal ini terkait dengan kandungan vitaminnya yang bersifat larut di dalam air. Hal ini juga membuat zat-zat yang ada di dalamnya mudah diserap tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan akan keluar lewat urin.

 

Istirahat di Siang Hari

Siang hari adalah salah satu waktu yang tepat buat kamu untuk istirahat sejenak. Istirahat yang dimaksud bisa dalam bentuk tidur siang – atau hanya duduk-duduk saja membaca buku atau sekedar main game di smartphone mu.

Percaya atau tidak, ternyata tidur siang selain bisa membantu tubuh untuk menghemat energi, bisa juga untuk meningkatkan fokus kerja dan kreativitas, lho. Kamu akan merasa segar ketika bangun dan bisa dengan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan kamu.

 

Teras Rumah Jadi Tempat Produktif

Terkait produktivitas yang mesti kamu jaga agar tetap optimal – usahakan hindari tempat-tempat seperti kamar tidur atau bahkan kasur karena akan mengganggu produktivitas kamu. Oleh karena itu, rekomendasinya adalah seperti teras atau taman belakang rumah kamu.

Dengan suasana berbeda terlebih ‘meja kantor’ kamu tidak seperti biasanya – kamu dinilai akan tetap produktif seperti biasa dan bisa menyelesaikan pekerjaan kantor dengan baik dan benar serta tepat waktu!

 

 

Nah bagaimana? Sudah paham bagaimana cara menjaga produktivitas kamu saat berpuasa dan WFH? Kalau sudah, sila terapkan agar mendapat hasil yang maksimal ya!

 

Feature Image – wartaekonomi.co.id