Seperti yang diketahui bersama kalau puasa di tengah pandemi Covid-19 ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalankan puasa. Pasalnya, selain dituntut untuk menjaga daya tahan tubuh, tapi tidak bisa mengonsumsi apapun selain di waktu berbuka dan sahur – atau malam hari.

Mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi serta melengkapinya dengan mengonsumsi multivitamin untuk bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal adalah hal yang kamu mesti lakukan saat ini. Untuk bantu jaga daya tahan tubuh agar terus fit, berolahraga juga dianjurkan.

 

 

Tapi olahraga yang seperti apa dulu nih yang dianjurkan saat berpuasa seperti ini? Tentu bukan olahraga berintensitas tinggi, ya. Olahraga ringan saja yang bisa kamu lakukan di rumah. Ingat, di rumah dulu saja, ya agar kamu terhindar dari penularan Covid-19.

Kira-kira olahraga ringan apa saja nih yang bisa kamu lakukan di rumah? Daripada penasaran atau menebak-nebak sendiri – sila kamu simak bahasan kali ini sampai habis untuk mengetahui selengkapnya!

 

Deretan Rekomendasi Olahraga Ringan

credit: tempo.co

 

Jalan Santai

Olahraga ringan pertama yang direkomendasikan untuk kamu yang tengah berpuasa tapi juga mesti jaga daya tahan tubuh adalah jalan santai. Jalan santai ini bisa lho kamu lakukan di rumah atau sekitaran rumah saja.

Mengelilingi rumah, atau kompleks rumah menjadi trek jalan yang direkomendasikan buat kamu. Namun jika memang ingin mengelilingi kompleks rumah, jangan lupa pakai masker dan jangan sentuh wajah jika masih berada di luar rumah, ya!

 

Bersepeda

Olahraga ringan yang satu ini sudah pasti kamu lakukan mengelilingi kompleks rumah, nih. Sementara ini jangan keluar dari kompleks rumah mu dulu, ya. Tentu hal ini mengacu ke upaya pencegahan penularan atau penyebaran Covid-19 di luar sana.

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ringan yang satu ini adalah sore hari menjelang berbuka, nih. Jadi ketika bersepeda kamu sudah selesai, bisa jadi mendekati waktu berbuka sehingga kamu bisa langsung minum atau makan.

 

Angkat Beban Ringan

Nah yang satu ini juga bisa kamu lakukan dengan di rumah saja, lho. Angkat beban dengan jumlah beban yang ringan jadi olahraga ringan yang bisa kamu lakukan nih. Untuk olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan kapan saja.

Ingat, bebannya jangan terlalu berat, ya. Yang ringan saja dengan repetitif satu sampai dua kali saja sudah cukup. Jika terlalu banyak, nanti malah intensitasnya menguat dan energi yang kamu gunakan malah terlalu banyak.

 

Jogging

Tidak jauh berbeda seperti jalan santai atau bersepeda – kamu bisa mengelilingi kompleks rumah dengan jogging atau berlari ringan nih. Tipsnya tetap gunakan sepatu yang diperuntukan untuk olahraga berlari agar kaki kamu tetap nyaman ya.

Oh iya, karena ini dilakukan di luar rumah, jangan lupa gunakan masker serta jangan sentuh wajah terlebih dahulu sebelum kamu sampai di rumah dan mencuci tangan dan kaki menggunakan sabun. Jangan lupa ya!

 

Yoga

Terakhir olahraga yang ringan satu ini benar-benar bisa kamu lakukan di rumah saja, lho. Cukup buka Youtube, dan akses instruktur yoga mana yang kamu suka. Lalu ikuti gerakan ringan-ringan saja, ya. Yoga cukup efektif untuk bantu kamu jaga daya tahan tubuh serta detoksifikasi pikiran agar tidak stress karena berita terkait pandemi Covid-19 ini.

 

 

Wah bagaimana? Apakah kamu sudah ada rencana untuk melakukan olahraga ringan hari ini? Kalau masih bisa dilakukan di rumah, sila lakukan di rumah saja, ya!

 

Feature Image – kaltimtoday.co