Belum lama ini, ada berita yang mengungkapkan bahwa beberapa hewan seperti seekor harimau bernama Nadia di Amerika Serikat, seekor anjing di Hong Kong, dan seekor kucing di Belgia, ikut terpapar Covid-19. Hewan- hewan tersebut diduga terinfeksi corona karena sering melakukan interaksi dengan manusia.

Hal ini tentu membuat para pemilik hewan jadi khawatir peliharannya akan terpapar virus corona. Dan akibatnya, banyak pemilik hewan yang akhirnya memutuskan untuk melepaskan peliharannya.

Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir, ya. Karena saat ini, penularan virus corona dari hewan ke manusia atau sebaliknya, dan juga antara hewan dan hewan belum terbukti secara ilmiah. Meskipun begitu, ada baiknya kamu tetap menjaga kebersihan atau kesehatan hewan peliharaan selama pandemi Covid-19.

Berikut ini 5 tips yang bisa kamu terapkan.

Credit: 1zoom.me

Jaga Interaksi

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah tetap menjaga interaksi dengan peliharaan selama pandemi corona. Kasus Covid-19 yang terjadi pada hewan peliharaan diduga karena intensnya interaksi pemilik yang diduga positif Covid-19. Jadi, jika ada dugaan bahwa pemilik terpapar Covid-19, sebaiknya hindari berinteraksi dengan peliharaannya. Titipkan hewan atau minta bantuan orang lain untuk menjaga dan memeliharanya sementara waktu.

Meskipun pemilik dalam kondisi sehat, interaksi sebaiknya tetap di batasi, karena proses penularan Covid-19 antara manusia dan hewan masih belum bisa dipastikan. Dan pemilik harus tetap menjaga daya tahan tubuhnya, dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan konsumsi mulvitamin lengkap seperti Enervon-C atau Enervon Active dua kali sehari.

Beri Makan dan Minum yang Cukup

Pastikan pemilik hewan selalu memberikan makanan dan minuman yang cukup bagi peliharaan. Untuk peliharaan yang menjilat seperti anjing, maka sebaiknya hindari menyentuh daerah sekitar mulu, hidung, atau daerah tempat kotoran hewan.

Selalu cuci tangan dengan air mengalir serta sabun sebelum dan sesudah memberi makan peliharaan.  Dan pemilik peliharaan juga disarankan untuk mengunakan masker jika hewan peliharaan menunjukkan gejala flu atau batuk.

Credit: advantagepetcare.com.au

Konsultasi ke Dokter Hewan

Jika hewan mulai menunjukkan gejala sakit, seperti tidak nafsu makan, minumnya berkurang, lemah atau lesu. Maka ada baiknya segera konsultasikan ke dokter hewan atau pergi ke klinik.

Hindari Melepas Peliharaan

Jika ada dugaan pemilik hewan atau anggota keluarga yang terpapar Covid-19, ada baiknya peliharaan yang ada di rumah tetap di kandangkan atau tidak dibiarkan berkeliaran begitu saja. Hal ini tentu saja untuk mencegah potensi penularan kepada hewan peliharaan.

Intinya, hindari melakukan tindakan yang berlebihan dan sebisa mungkin pelihara hewan- hewan tersebut dengan baik. Jangan sampai karena terlalu “parno”, hewan peliharaan dilepaskan begitu saja.

 

 

Featured Image - dogsbestlife.com

Source - kumparan.com