Secara umum, puasa adalah kegiatan keagamaan atau ibadah di mana kamu harus menahan keinginan untuk makan dan minum serta hal lainnya yang sudah diatur jika tidak ingin puasanya batal. Mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Apakah kamu mengetahui waktu lamanya kita berpuasa setiap hari? Di Indonesia sendiri, periode atau waktu lamanya berpuasa adalah 12-13 jam saja. Dimulai dari waktu imsak sampai nanti waktu berbuka lagi. Lumayan lama juga, ya?

 

 

Tapi apakah kamu tahu kalau ternyata di dunia ini, ada beberapa negara yang waktu berpuasanya melebihi waktu berpuasa kita di Indonesia? Percaya atau tidak, bahkan ada negara yang waktu berpuasanya sampai 23 jam.

Itu artinya hanya mempunyai waktu satu jam saja untuk makan dan minum, lho! Wah tidak terbayang bagaimana sih ya. Terkait dengan waktu lamanya berpuasa, di bahasan kali ini setidaknya ada lima negara yang mempunyai waktu berpuasa cukup panjang.

Penasaran di mana saja itu? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Negara Dengan Durasi Puasa Paling Lama

credit: news.detik.com

Finlandia

Dilansir dari situs IDN Times – Finlandia adalah negara yang dimaksudkan mempunyai waktu berpuasa paling lama di antara negara lain di bawah ini nanti. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Finlandia mempunyai waktu berpuasa selama 23 jam!

Ini artinya, mereka hanya punya waktu berbuka dan sahur di satu jam sisanya saja. Wah benar-benar deh ini. Kira-kira, kalau kamu berada di Finlandia, apakah kamu akan kuat untuk berpuasa selama 23 jam itu?

 

Islandia

Masih dari situs yang sama, negara kedua yang mempunyai waktu paling lama untuk berpuasa adalah Islandia. Negara yang punya keindahan tersendiri ini punya waktu puasa sampai 22 jam. Hanya terpaut satu jam saja dari Finlandia.

Dan itu artinya mereka yang berpuasa di Islandia, hanya mempunyai waktu 2 jam sisanya untuk makan dan minum. Itu artinya waktu berbuka dan sahur mereka sangat singkat, ya!

 

Swedia

Swedia adalah negara ketiga yang mempunyai waktu puasa terlama di dunia. Tidak seperti Finlandia dan Islandia, sih – Swedia mempunyai waktu berpuasa kurang lebih 20 jam. Itu artinya ada 4 jam sisa dalam satu hari untuk berbuka dan sahur!

Oh iya, Swedia mempunyai fenomena alam yang unik, lho. Tepatnya berada di Swedia bagian utara, di sana terdapat fenomena matahari yang tidak pernah terbenam atau sering disebutnya dengan nama midnight sun. Wah unik sekali ya!

 

Alaska

Negara keempat yang mempunyai waktu puasa terlama di dunia adalah Alaska. Namun di negara ini terdapat keunikan tersendiri soal waktu berpuasa, lho. Jadi, jika bulan Ramadhan atau bulan puasanya jatuh pada musim panas, waktu berpuasanya menjadi 19 jam.

Tapi jika bulan Ramadhan atau bulan puasanya jatuh pada musim dingin, waktu mereka berpuasa di Alaska hanya 5 jam saja. Wah unik sekali ini bisa memilih musim!

 

Jerman

Negara di dunia yang punya waktu puasa terlama lagi adalah Jerman. Kurang lebih 16 jam adalah waktu berpuasa di sana. Namun uniknya, di Jerman mempunyai waktu imsak yang sama seperti di Indonesia, kurang lebih jam 4 lewat.

Namun untuk waktu berbukanya, adzan magrib di Jerman baru berkumandang pada pukul 10 malam, lho! Waduh selisih 4 jam kurang lebih dengan yang ada di Indonesia. Wah apakah kamu kuat kalau begitu?

 

 

Nah bagaimana nih? Cukup unik ya waktu berpuasa di berbagai negara tersebut. Jika kamu berani, negara di atas yang mana nih yang mau kamu kunjungi untuk mencoba berpuasa di sana?

 

Feature Image – liputan6.com