Berbuka puasa merupakan momen istimewa untuk melepas lapar dan dahaga. Sejak siang hari, seringkali kita sudah membayangkan makanan apa saja yang akan disantap saat berbuka.

Jika di Indonesia kudapan berbuka biasanya berupa kolak, es buah, dan gorengan. Negara- negara berikut ini juga memiliki kudapan khas berbuka puasa, yang tentu saja bikin ngiler!

Berikut ini beragam menu berbuka di berbagai negara. Simak ulasannya, ya.

Pide -  Turki

Credit: resepmami.info

Selama bulan puasa, menu makanan yang bernama Pide ini akan muncul dan dijadikan sebagai kudapan berbuka puasa di Turki. Pide terbuat dari tepung yang diberi topping sosis, daging, dan sayuran yang dibentuk menyerupai pizza.

Medames – Mesir

Credit: seriouseats.com

Selama bulan Ramadan, warga Mesir biasanya akan sering memasak Medames sebagai menu buka puasa mereka. Medames merupakan makanan khas Mesir yang terbuat dari campuran kacang, minyak sayur, bawang merah, dan bawang putih. Menggiurkan, ya!

Kuah Harira – Maroko

Credit: akispetretzikis.com

Maroko merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan olahan daging kambingnya. Nah, saat puasa, warga Maroko sering menyajikan kuah Harira, yaitu sup yang berisi potongan daging kambing dan terdiri dari bumbu- bumbu seperti jahe dan merica. Mirip sekali seperti gulai, lho!

Fesenjan – Iran

Credit: reddit.com

Fesenjan merupakan makanan tradisional khas Iran yang terbuat dari ayam atau bebek sebagai bahan utamanya. Masakan Fesenjan ini dapat dinikmati dengan nasi putih atau nasi kuning. Dijamin, bisa bikin langsung kenyang, nih.

Nasi Briyani – India dan Pakistan

Credit: thecookbook.pk

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu ya kalau nasi briyani merupakan makanan khas India dan Pakistan. Nasi briyani merupakan salah satu menu khas buka puasa yang sering disantap oleh warga India maupun Pakistan. Menu masakan ini terdiri dari nasi yang sudah diberika bumbu kari, sehingga rasanya sangat lezat.

Hyderabadi Haleem – India

Credit: inibaru.id

Selain nasi briyani, India juga memiliki makanan khas berbuka puasa, yaitu Hyperabad Haleem. Makanan tersebut merupakan olahan bubur gandum yang dicampur dengan daging domba.

Kepiting Rebus – Brunei Darussalam

Credit: idntimes.com

Brunei Darussalam memiliki kebiasaan yang berbeda dari negara lainnya. Jika negara lainnya memilih makanan yang ringan dan manis untuk berbuka, nah Brunei lebih memilih kepiting rebus sebagai kudapan favorit untuk buka puasa.

Kurma – Arab Saudi

Credit: medicalnewstoday.com

Kurma merupakan menu berbuka yang sering disantap oleh warga Arab Saudi. Tapi, sebenarnya kurma juga sering dijadikan menu berbuka di berbagai negara lainnya, lho termasuk di Indonesia. Kurma merupakan buah ‘khas’ Ramadhan yang menjadi makanan wajib disajikan saat azan berkumandang.

Nah, itulah menu berbuka khas dari berbagai negara. Kamu paling ngiler sama menu makanan dari negara mana, nih?

 

Featured Image - tasteofmaroc.com