3 Budaya Hidup Sehat yang Menjadi Kunci Utama Selama Pandemi Covid-19

3 Budaya Hidup Sehat yang Menjadi Kunci Utama Selama Pandemi Covid-19

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 ini benar-benar menyadarkan banyak orang soal kesehatan. Mulai dari selalu cuci tangan dengan sabun sampai bersih, sampai menggunakan masker jika berada di luar rumah, adalah beberapa cara untuk tetap bersih, sehat dan terhindar dari paparan virus corona.

Mungkin ya – jika tidak ada pandemi seperti ini, mungkin masih banyak orang yang belum sadar kalau kebersihan dan kesehatan adalah segalanya. Dari pandemi Covid-19 ini juga banyak kalangan sadar betul kalau kesehatan itu nomor satu.

 

 

Seperti yang dilansir dari situs kompas.com – dikarenakan oleh penyebaran Covid-19 yang begitu signifikan di Indonesia, banyak orang yang akhirnya tersadarkan jika menjaga daya tahan tubuh, sistem imun atau kekebalan tubuh adalah yang yang penting.

Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut – di bawah ini akan dibahas setidaknya ada tiga pilar penting yang mesti dilakukan dan dijaga dengan baik. Semata-mata untuk melindungi diri kamu, keluarga dan orang terdekat lainnya dari berbagai ancaman penyakit – dalam kasus ini infeksi Covid-19.

Apa saja tiga pilar tersebut? Daripada menebak-nebak sendiri, lebih baik sila simak bahasan kali ini sampai habis agar diri kamu semakin terbuka jika hidup sehat adalah hal penting yang mesti dilakukan dan dijaga dengan baik.

 

3 Pilar Besar Untuk Jaga Kesehatan

 

Revolusi Konsumsi Makanan-Minuman

Mungkin sampai sekarang ini, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana menyeimbangkan nutrisi dalam piring yang berisi makanan yang akan dikonsumsi. Variasi kandungan di setiap makanan perlu diperhatikan. Karbohidrat, protein, vitamin, serat dan mineral mesti seimbang.

Revolusi konsumsi makanan-minuman ini akan membuat kamu peka terhadap apa saja yang kamu makan. Terlebih saat bulan Ramadhan seperti ini, saat berbuka dan sahur tentu punya porsi variasi nutrisi yang berbeda-beda.

Salah satu yang bisa kamu lakukan agar lebih sehat adalah mengurangi konsumsi gula dan garam yang berlebihan. Orang Indonesia cenderung mempunyai nafsu terhadap rasa makanan yang kuat, bold. Tentu rasa makanan tersebut mengandung banyak sekali bumbu yang bisa jadi – itu tidak seimbang untuk tubuh.

Selain memerhatikan nutrisi serta kandungan yang ada di makanan dan minuman, kamu bisa juga melengkapi kebutuhan nutrisi harian mu dengan mengonsumsi multivitamin. Seperti Enervon-C yang menjadi multivitamin yang bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal.

 

 

Mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks – Enervon-C aman jika dikonsumsi rutin perharinya. Hal ini berkaitan dengan sifat zat yang terkandung di tiap tabletnya yang larut di dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh. Kemudian zat yang sudah tidak terpakai lagi, akan keluar lewat urin.

 

Revolusi Berolahraga

Memang cukup sulit untuk berolahraga dengan leluasa di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti ini. Namun kamu tetap bisa kok berolahraga di dalam dan sekitaran rumah. Jalan pagi, jogging, yoga dan lainnya bisa jadi pilihan untuk memulai hari dengan berolahraga.

Usahakan untuk setiap harinya, kamu berolahraga di rentang waktu 10 menit – 15 menit saja. Percaya atau tidak, olahraga ini selain membawa dampak positif untuk tubuh, juga membawa dampak positif untuk mental, lho.

Mereka yang suka mengawali harinya dengan berolahraga, cenderung punya mood yang lebih baik daripada yang tidak berolahraga.

 

Revolusi Untuk Jiwa

Kalau tadi revolusi berolahraga dominan untuk membuat fisik bugar dan terhindar dari paparan Covid-19 karena daya tahan tubuh yang bagus, di bagian yang satu ini juga tidak kalah penting karena ini menyangkut soal mental dan kejiwaan seseorang.

Setidaknya kamu bisa melakukan meditasi selama lima menit, tidur sehari 7-8 jam yang cukup dan membatasi diri dengan berita-berita bernuansa negatif terkait pandemi virus corona ini. Hal tersebut bisa membantu kamu tetap sehat baik fisik dan mental.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas untuk tiga pilar yang bisa kamu jaga dan pertahankan agar tetap kokoh dan terhindar dari paparan virus corona atau Covid-19?

 

Feature Image – halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!