Tak Cukup Cuci Tangan yang Benar, Ini Cara Keringkan Tangan Untuk Cegah Covid-19

Tak Cukup Cuci Tangan yang Benar, Ini Cara Keringkan Tangan Untuk Cegah Covid-19

font size A Ǎ

Selain mencuci tangan dengan sabun untuk memastikan kebersihan selalu terjaga, ternyata ada penelitian yang menyatakan kalau tidak hanya mencuci tangan saja yang penting tapi juga sampai tahap ke pengeringannya.

Hal ini berkiatan dengan para peneliti dari University of Leeds yang menyelidiki seberapa cepat virus menyebar ke permukaan setelah menggunakan kamar kecil. Beberapa parameternya adalah pengering tangan listrik dan tisu basah.

 

 

Untuk percobaan dan penelitian ini, setidaknya mereka meminta empat relawan dengan sadar mencermari tangan mereka dengan bateriofag. Tenang, bakteriofag adalah virus pemakan bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia.

Lalu, tes pertama yang dilakukan adalah keempat relawan tersebut tidak mencuci tangan mereka dengan sabun, hanya dengan air dibasahi saja. Ini mensimulasikan pembersihan tangan yang ceroboh. Nah, data yang akan diambil adalah setelah hal ini.

Para relawan tersebut mengeringkan tangan dengan mesin pengering atau tisu kertas. Ahli higienis mengambil sampel untuk mengetahui seberapa banyak virus yang berada di tangan mereka dan apakah virus tersebut juga ditemukan di pakaian mereka.

Tidak hanya pada permukaan pakaian, para peneliti bahkan melihat apakah berbagai permukaan benda yang disentuh masih ada virusnya atau tidak seperti gagang pintu, tombol lift dan sebagainya.

Hasil dari penelitian ini adalah mesin pengering tangan dan tisu kertas ternyata mengurangi kontaminasi virus di tangan. Namun dalam 10 dari 11 permukaan yang disentuh setelah mengeringkan tangan, para peneliti menemukan kontaminasi lingkungan yang lebih signifikan ketika menggunakan mesin pengering daripada tisu kertas.

Si Bakteriofag ditemukan lagi pada semua permukaan yang sebelumnya disentuh oleh tangan basah yang dikeringkan menggunakan mesin pengering listrik. Tapi jumlah penemuannya tidak sebanyak relawan yang menggunakan tisu kertas.

Dari penelitian ini diketahui kalau pengering tangan listrik ini ternyata tidak begitu efektif untuk menyelesaikan kontaminasi virus dengan tubuh manusia, walau sudah mencuci tangan dengan sabun. Jadi mereka merekomendasikan tisu kertas untuk mengeringkan tangan sehabis dicuci.

 

 

Nah singkatnya – mencuci tangan dengan sabun belum menyelesaikan kamu dengan virus yang ada. Mesti ada tahap selanjutnya lagi yang penanganannya mesti serius. Mengeringkan tangan yang basah sehabis dicuci dengan tisu adalah langkah yang dinilai cukup tepat berdasarkan penelitian yang sudah dijelaskan di atas.

 

Feature Image – kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!