Physical Distancing Selama Puasa, 7 Aplikasi Ini Bisa Menemani Ngabuburit-mu!

Physical Distancing Selama Puasa, 7 Aplikasi Ini Bisa Menemani Ngabuburit-mu!

font size A Ǎ

Bulan Ramadhan yang ditunggu- tunggu sudah tiba. Namun sayangnya, bulan puasa tahun ini harus terasa berbeda, karena kita harus tetap berada di rumah, menyusul kebijakan Pembatasan Sosial Kebijakan Berskala Besar (PSBB), physical distancing, dan work from home yang dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Kebijakan tersebut membuat aktivitas jadi terbatas, termasuk kegiatan ngabuburit yang biasanya dilakukan di luar rumah, sambil jalan- jalan, atau hanya sekedar mencari takjil untuk berbuka puasa.

Physical Distancing Selama Puasa, 7 Aplikasi Ini Bisa Menemani Ngabuburit-mu!

Credit: lifehack.org

Tapi, jangan sedih! Ngabuburit di rumah saja bisa tetap terasa seru dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dapat menemani kamu mengisi waktu luang. Apa saja aplikasi tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini ya!

Teman Ibadah

Jika kamu ingin ngabuburit dengan menambah ilmu mengenai agama, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Cakap. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur wadah dakwah, lho. Melalui aplikasi ini kamu juga dapat bertanya langsung pada pendakwah melalui fitur chat, dan dapat memberikan fitur atau donasi.

Selain aplikasi Cakap, ada pula aplikasi Umma yang memiliki program One Day One Juz yang dapat semakin memfasihkan kemampuan mengaji kamu. Caranya, kirim video rekaman ketika kamu sedang membaca Al-quran, lalu ustadz yang ada di aplikasi tersebut akan memberi evaluasi.

Media Sosial

Meskipun tak dapat bersilaturahmi langsung dengan sanak saudara maupun teman, kamu tetap dapat melakukan silaturahmi melalui media sosial seperti Instagram, dengan sekedar menanyakan kabar puasa hari ini atau menu buka puasa apa yang akan mereka santap pada hari itu. 

Selain dari Instagram, kamu juga bisa melakukan silaturahmi melalui aplikasi WhatsApp. Nah, saat ini Enervon-C memiliki stiker Ramadhan yang bisa kamu gunakan agar momen silaturahmi semakin seru dan menyenangkan!

Main Game Bersama Teman

Main game ramai- ramai bersama teman juga bisa jadi pilihan kegiatan ngabuburit yang seru selama bulan puasa ini. Kamu dapat menggunakan aplikasi game Houseparty, yang juga menyediakan fitur panggilan video. Meskipun terlihat game yang disediakan terlihat sederhana, tapi pasti akan terasa seru, karena  dilakukan bersama teman- teman.

Namun, jika Houseparty dirasa terlalu ‘berat’, maka kamu juga dapat menggunakan aplikasi Gartic sebagai alternatifnya. Dalam aplikasi ini kamu dapat bermain tebak gambar. Namun, dalam aplikasi Gartic kamu hanya bisa berkomunikasi melalui chat saja.

Pilihan aplikasi game lainnya yang bisa digunakan oleh lebih dari 2 pemain, yaitu Ludo dan juga Get Rich.

Physical Distancing Selama Puasa, 7 Aplikasi Ini Bisa Menemani Ngabuburit-mu!

Credit: nme.com

Streaming dan Video

Kegiatan kekinian yang lagi sering dilakukan banyak orang saat ini adalah ngabuburit sambil mendengarkan podcast, yang dapat dinikmati melalui aplikasi musik streaming Spotify. Di aplikasi tersebut ada berbagai konten podcast dari podcaster yang dapat menemani sore harimu.

Selain mendengarkan podcast, kamu juga dapat menonton berbagai serial atau film yang disediakan di aplikasi seperti Netflix, Hooq, Viu, dan MAXStream. Namun, jika kamu merasa malas untuk menonton serial atau film yang berdurasi panjang, maka kamu bisa menonton video yang ada di YouTube.

Olahraga

Olahraga selama puasa merupakan kegiatan ngabuburit yang tak hanya seru, tapi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuhmu. Ada berbagai apikasi yang ada di App Store maupun Google Play Store yang dapat menemani olahragamu selama bulan puasa ini.

Salah satunya adalah aplikasi Home Workout, yang menyediakan berbagai gerakan mulai dari pemanasan dan peregangan, hingga gerakan untuk membentuk otot tubuh. Meski hanya dalam bentuk gerakan ringan, aplikasi ini tetap dapat mencatat waktu latihan yang kamu lakukan, lengkap dengan kalori yang dikeluarkan, serta kemajuan yang sudah dicapai oleh penggunanya.

Edit Foto dan Video

Kegiatan selanjutnya yang dapat mengisi waktumu saat ngabuburit di rumah saja yaitu belajar sembari meningkatkan keahlianmu dalam mengedit foto dan video.

Kamu dapat menggunakan aplikasi PicsArt Photo and Video Editor, FilmoraGo, Splice, atau aplikasi Unfold Story Template untuk membuat editan template sesuai dengan rasio Instagram Story, dan hasilnya bisa kamu unggah di platform media sosial tersebut.

Baca Buku dan Mewarnai

Siapa bilang mewarnai hanya bisa dilakukan oleh anak- anak saja? Semua orang juga bisa, lho. Lakukan kegiatan membaca atau mewarnai untuk menghabiskan sore harimu sambil menunggu berbuka puasa. Kamu dapat menggunakan aplikasi Colorfy yang menyediakan buku gambar digital. Atau kamu dapat mengunduh aplikasi Storytel untuk membaca e-book saat ngabuburit.

Nah, itu dia ketujuh aplikasi yang dapat menemani sore harimu sambil menunggu berbuka puasa. Selamat mencoba, ya!

 

Featured Image - docwirenews.com

Source - tirto.id

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!