Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Vitamin C adalah salah satu elemen atau nutrisi yang penting untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga ikut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan luka, serta melakukan tindakan preventif dari kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan.

Konsumsi Vitamin C sudah menjadi sebuah keharusan. Hal tersebut tentu untuk membuktikan berbagai peran penting dari vitamin tersebut yang sudah disebutkan di atas sebelumnya. Nah, karena sudah jadi sebuah keharusan, Vitamin C tentu mempunyai berbagai fakta menarik di dalamnya.

Namun, beberapa fakta yang akan dibeberkan di bawah ini adalah fakta-fakta tersembunyi yang jarang diketahui oleh banyak orang lho! Penasaran? Sila simak bahasan di bawah ini ya!

Buah dan Sayur yang Mengandung Banyak Vitamin C Selain Jeruk dan Lemon

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh. credit: motherandbaby.co.id

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang kalau Vitamin C gampang serta mudah dan banyak ditemukan di buah-buahan seperti Jeruk dan Lemon. Tapi tahukah jika Vitamin C juga banyak ditemukan di buah serta sayuran lainnya.

Sebut saja seperti Paprika, Pepaya, Kale, dan Brokoli – adalah jenis buah serta sayuran yang juga mengandung Vitamin C yang tinggi. Bisa dibayangkan jika mengkonsumsi beberapa kombinasi dari buah dan sayuran tersebut, dijamin kebutuhan Vitamin C harian akan terpenuhi dengan mudah.

Satu Gelas Jus Jeruk Bisa Memenuhi Kebutuhan Vitamin C dalam Sehari!

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh. credit: ramesia.com

Selain kombinasi buah dan sayur yang sudah dijelaskan di atas, jangan bingung untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian, nih. Sesederhana satu gelas jus jeruk bisa memenuhi kebutuhan Vitamin C lo sehari, lho!

Kadar Vitamin C Akan Turun Jika Disimpan Terlalu Lama

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh. credit: blog.airyrooms.com

Nah, ini yang jarang diketahui oleh banyak orang. Kadar atau kualitas si Vitamin C yang disimpan terlalu lama, akan menurun. Hal ini berdasarkan riset dari para ahli di University of Maryland Medical Centre – menyatakan bahwa memasak atau menyimpan makanan yang mengandung Vitamin C dalam waktu lama, bisa mengurangi kadar vitamin tersebut.

Oleh karena itu, baiknya segera konsumsi Vitamin C yang masih segar.

Vitamin C Bisa Pengaruhi Berat Badan

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh. credit: food.detik.com

Vitamin C tidak hanya terkait dengan sistem kekebalan tubuh atau fungsi lainnya yang sudah disebutkan di atas ya. Vitamin C juga ternyata berpengaruh terhadap berat badan. Penelitian di Arizona State University menyatakan jika kekurangan Vitamin C bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Oleh karena itu, jika kebutuhan Vitamin C harian terpenuhi – maka tubuh bisa lebih maksimal untuk membakar lemak, kurang lebih 30% lebih banyak dibandingkan dengan yang kurang mengkonsumsi Vitamin C.

Melindungi Kulit

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh

Perlu Diingat: 5 Fakta Penting Soal Vitamin C Untuk Tubuh. credit: idntimes.com

Pada umumnya, Vitamin E adalah jagoan untuk menjaga serta melindungi dan merawat kulit. Tapi, siapa sangka jika Vitamin C ternyata juga mempunyai peranan penting dalam melindungi kulit. Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Acta Derm Venerol oleh peneliti di Swedia – menyatakan jika Vitamin C juga efektif melindungi kulit dari serangan sinar matahari.

Nah lima fakta tentang Vitamin C di atas perlu diingat baik-baik sehingga tidak lupa dan ragu untuk selalu konsumi vitamin tersebut. Tentunya, kamu perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C atau multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks, agar fungsi-fungsi di dalam tubuh bisa maksimal dan baik untuk kehidupan sehari-hari. 

 

Source

 

Feature Image - medcom.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!