Setiap negara pasti memiliki perbedaan kultur, budaya, hingga cita rasa kuliner. Perbedaan ini yang membuat setiap negara pasti memiliki ciri khas dan keunikannya masing- masing.

Eits! Tapi siapa sangka kalau ternyata ada berbagai jenis olahan makanan khas Indonesia yang mirip sekali dengan makanan Korea! Kira- kira apa saja ya makanan tersebut? Nah, daripada penasaran, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

Bihun Goreng dan Japchae

Credit: korea.net

Jenis makanan yang satu ini memang mirip sekali, termasuk dalam penampilan. Sama seperti olahan bihun di Indonesia, Japcae juga terbuat dari sohun yang diberikan campuran sayuran dan daging.

Meskipun diolah dengan bumbu yang berbeda, tapi bihun goreng dan japchae tentu sama- sama memiliki cita rasa yang lezat.

Bakwan dan Pajeon

Credit: food.detik.com

Kamu pasti sudah tahu kalau gorengan merupakan salah satu camilan yang digemari orang Indonesia. Salah satu camilan yang paling sering dikonsumsi yaitu, bakwan.

Tak hanya di Indonesia, lho. Korea juga memiliki olahan “gorengan” yang disebut pajeon. Keduanya ini sama- sama mengandung sayuran dan juga daun bawang!

Nasi Pecel dan Bibimbap

Credit: futuredish.com

Meskipun secara tampilan kedua menu ini sangat berbeda satu sama lain, tapi hal yang membuat nasi pecel dan bibimbap ini tampak serupa adalah penggunaan bahan yang digunakan lumayan banyak dan saling dicampur satu sama lain.

Kedua makanan ini sama- sama banyak mengandung sayuran, tapi nasi pecel memiliki saus kacang sebagai pelengkapnya, sementara bibimbap menggunakan saus pedas khas Korea sebagai pelengkap.

Siomay dan Mandu

Credit: ryukoch.com

Siapa yang tak kenal siomay? Jajanan lezat yang dilengkapi dengan saus kacang ini pasti sering ditemukan di Indonesia. Ternyata, Korea juga memiliki makanan yang mirip dengan siomay, namanya mandu.

Mandu merupakan sejenis pangsit yang diberi isian daging berbumbu. Mandu memiliki tekstur yang lembut dan sangat pas untuk dinikmati saat musim dingin.

Lemper dan Kimbap

Credit: okonomikitchen.com

Tak hanya lemper, kimbap juga termasuk cukup populer di Indonesia. Kalau lemper merupakan olahan beras ketan yang biasanya diisi dengan ayam, kimbap merupakan nasi kepal yang dibungkus nori atau rumput laut dan memiliki isian berupa daging atau sayuran. Sekilas, kimbap juga mirip dengan sushi!

Bentuknya yang sama- sama berupa nasi kepal dengan isian, membuat kedua olahan ini mirip satu sama lain.

Nah, itulah kelima olahan khas Indonesia yang mirip dengan makanan Korea. Menurutmu, olahan mana nih yang paling mirip?

 

Featured Image - thespruceeats.com