Ingin Jam Kerja Tetap Efektif Selama WFH? Ikuti Trik Berikut Ini

Ingin Jam Kerja Tetap Efektif Selama WFH? Ikuti Trik Berikut Ini

Work from home sepertinya jadi tantangan tersendiri buat kamu yang tidak terbiasa bekerja dengan sistem remote. Mungkin untuk para freelancer – bekerja dari rumah sudah jadi hal yang biasa, tapi jelas tidak untuk semua orang.

Hal ini terkait dengan berbagai tantangan yang ada saat WFH. Mulai dari distraksi orang rumah yang tidak bisa kamu tolak, jam kerja yang tidak menentu, kamu kurang fokus, punya tekanan psikologis sampai kualitas tidur kamu yang buruk – adalah deretan tantangan selama WFH.

Ditambah, pemerintah sepertinya akan memperpanjang sistem PSBB yang di mana ini tetap membuat kamu berada di rumah dulu. Otomatis, kamu tetap menjalankan WFH seperti biasa. Terkait dengan berbagai tantangan yang ada di atas, apa saja yang bisa kamu lakukan?

 

 

Setidaknya di bahasan kali ini, dijelaskan tiga tips sederhana untuk kamu mengatasi berbagai tantangan dan masalah yang ada saat WFH. Penasaran apa saja tipsnya? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Kamu Bisa Buat Jadwal yang Jelas

Dengan membuat jadwal yang jelas – kamu bisa mengetahui dengan pasti kapan kamu mesti mulai bekerja dan beristirahat. Dengan jadwal yang jelas juga, kamu tetap bisa melakukan apapun yang kamu suka saat berada di rumah – seperti kegiatan yang bisa mengurangi stress atau tekanan psikologis.

Misalnya seperti memasak, melakukan hobi kamu – bahkan berkebun. Tapi ingat waktu yang sudah kamu tentukan di jadwal yang kamu buat ya. Jadwal ini akan sangat bermanfaat jika landasan kamu adalah rasa disiplin.

Dengan begitu, kamu akan lebih konsisten untuk mengerjakan semua pekerjaan atau hal-hal terkaitnya nih. Dari sini juga, fokus kamu akan terjaga dengan baik sehingga kamu jelas tidak mudah untuk terdistraksi lagi.

 

Lakukan Rutinitas Layaknya Pergi ke Kantor

Walau berada di rumah saja – tetapi tidak membuat kamu tidak bisa melakukan rutinitas seperti kamu ingin berangkat ke kantor, kan? Dinilai melakukan aktivitas rutin seperti kamu ingin berangkat ke kantor, bisa jaga fokus kamu untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Mulai dari bangun pagi, mandi yang bersih, berpakaian rapi dan siap untuk bekerja adalah rutinitas yang dimaksudkan. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk selalu bisa mengerjakan pekerjaan kantor tepat pada waktunya.

 

Punya Ruang Kerja yang Nyaman

Sudah dijelaskan pada bahasan-bahasan sebelumnya kalau mempunyai ruang kerja sampai meja kerja yang nyaman dinilai bisa meningkatkan konsentrasi serta produktivitas kamu. Jadi kamu tidak perlu bekerja dari kamar tidur atau bahkan dari atas kasur ya.

Jika kamu masih bekerja dari atas kasur, mesti waspada karena godaan untuk kembali tidur akan sangat besar dan resiko untuk pekerjaan kamu terlantar. Daripada seperti itu, kamu bisa membuat ruang kerja yang nyaman serta meja kerja yang enak untuk berlama-lama di sana!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari tiga tips sederhana di atas – apakah kamu sudah paham semuanya? Bisa kamu terapkan dengan secepatnya, lho!

 

Feature Image – kompasiana.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!