Ada yang berbeda di bulan Ramadhan ini dan benar-benar bisa dirasakan perbedaanya secara langsung. Selain pandemi Covid-19, sistem work from home memudahkan kamu untuk mengatur jam kerja yang sebelumnya tidak bisa kamu lakukan.

Kemudahan pengaturan jam kerja ini bisa berpengaruh terhadap produktivitas, lho. Namun perlu diingat juga kalau kemudahan pengaturan jam kerja ini mesti disesuaikan juga dengan rekan kerja yang lain. Karena pekerjaan kantor tidak semuanya bersifat individu, kan?

Tentu ada pekerjaan kantor yang sifatnya mesti dikerjakan secara grup atau banyak orang. Oleh karena itu, buat atur waktu concall mesti berdasarkan kesepakatan bersama untuk bisa di jam yang sudah ditentukan. Singkatnya, kamu bisa adjust pengaturan waktunya terkait hal ini juga ya.

 

 

Terlepas dari hal itu, dilansir dari situs job-like.com – setidaknya ada empat waktu kerja saat bulan Ramadhan yang dinilai sangat efektif dan tentunya bisa bikin kamu makin produktif. Penasaran di waktu kapan saja itu? Sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

4 Waktu Efektif Untuk Bekerja Selama Bulan Ramadhan

credit: entrepreneur.com

 

Setelah Ibadah Salat Subuh

Memang sih – kebanyakan pasti akan mengantuk lagi setelah melakukan sahur dan menjalankan ibadah subuh. Tubuh yang terkena air, tentu akan memberikan kamu sensasi relaks yang menenangkan, terlebih jika suhu ruangan cukup dingin, pastinya bikin kamu ingin tarik selimut lagi.

Tapi percaya atau tidak, ternyata waktu setelah ibadah salat subuh adalah salah satu waktu terbaik untuk kamu memulai pekerjaan, lho. Hal ini terkait dengan suasana pagi yang nyaman dan bisa bikin kamu lebih produktif sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat.

 

Setelah Salat Tarawih

Ibadah Tarawih di bulan Ramadhan ini memang dianjurkan untuk dilakukan di rumah saja terkait langkah penekanan penularan Covid-19 di tengah pandemi seperti ini. Tidak apa-apa, kok. Sama saja. Nah walaupun mungkin hitungannya sudah di luar dari jam kerja, tapi percaya atau tidak, sehabis salat tarawih adalah salah satu waktu efektif untuk mengerjakan pekerjaan kantor.

Hal ini terkait dengan tubuh yang kembali prima karena sudah menerima asupan yang dibutuhkan. Tentu kamu jadi punya energi lagi nih untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Namun, perlu diingat ketika waktu berbuka, usahakan jangan makan terlalu berlebihan karena bisa membuat kamu mengantuk!

Hal ini bahkan berpengaruh sampai saat kamu akan tidur lho. Tidur dalam kondisi terlalu kenyang malah rentan memicu asam lambung yang berlebihan. Hal ini tentu bisa mengakibatkan gangguan sistem pencernaan.

 

Sambil Ngabuburit

Ngabuburit di bulan Ramadhan kali ini tentu cukup berbeda dari sebelumnya karena mesti kamu lewati dari rumah saja. Oleh karena itu, waktu menunggu buka puasa atau ngabuburit ini adalah salah satu waktu yang lumayan efektif untuk kamu gunakan menyelesaikan pekerjaan kantor.

Biasanya di dalam waktu ngabuburit ini, semangat akan muncul lagi dari dalam tubuh. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Jika pekerjaan sudah selesai, berbuka dengan keluarga akan jadi lebih leluasa dan lega!

 

Bagaimana Kalau Sebelum Makan Sahur?

Boleh juga – namun sepertinya tidak semua orang bisa melakukan ritme mengerjakan pekerjaan kantor di waktu yang satu ini. Mungkin karena tidak terbiasa. Namun waktu sebelum makan sahur juga menjadi salah satu waktu yang lumayan efektif untuk mengerjakan pekerjaan kantor.

Setelah pekerjaan mu selesai di waktu ini, setelah makan sahur dan ibadah subuh, tentu kamu bisa beristirahat dengan leluasa, nih.

 

 

Mengatur waktu jam kerja di bulan Ramadhan dengan sistem work from home ini memang memberikan kamu keleluasaan. Tapi ingat, mesti kamu adjust lagi dengan kebutuhan kantor kamu ya!

 

Feature Image – ussfeed.com