Vitamin B2: Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh dan Cara Memenuhinya

Vitamin B2: Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh dan Cara Memenuhinya

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan dapat menjalani fungsinya. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin B kompleks. Vitamin ini terdiri dari 8 vitamin B yang memiliki manfaat dan fungsinya masing- masing.

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai vitamin B1, maka kali ini giliran vitamin B2 atau Riboflavin, yang bekerja dengan mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang merupakan sumber energi untuk otot tubuh.

Vitamin B2 diperlukan untuk mendukung perkembangan sel tubuh termasuk kulit, lapisan saluran pencernaan, sel- sel darah, dan juga membantu meningkatkan fungsi otak. Tapi, tak hanya itu saja masih ada sejumlah manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari vitamin B2, apalagi jika kamu mendapatkannya dari sumber terbaik.

Apa saja manfaat vitamin B2? Berikut ini ulasannya.

Vitamin B2: Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh dan Cara Memenuhinya

Credit: supplemania.net

Meningkatkan Energi Tubuh

Selama beraktivitas, tubuhmu tentu membutuhkan banyak energi agar tak mudah lelah. Vitamin B2 memiliki peran untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama. Riboflavin membantu memecah protein jadi asam amino, lemak, dan karbohdirat dalam bentuk glukosa yang akan digunakan tubuh sebagai energi cadangan.

Jika kamu kekurangan vitamin B2, molekul makanan seperti karbohidrat, protein, dan lemak tak dapat dicerna dengan baik. Dan nantinya, tubuh akan kekurangan energi.

Cegah Anemia

Riboflavin dapat membantu melakukan sintesis hormone steroid dan produksi sel darah merah untuk membantu proses pengangkutan oksigen ke sel tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin B2, kamu bisa saja mengalami anemia karena adanya gangguan pada proses produksi sel darah merah

Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Vitamin B2 dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, dengan cara menurunkan homosistein yang terlalu tinggi. Homosistein merupakan asam amino yang diproduksi dalam tubuh manusia.

Dikutip dari hellosehat, memenuhi asupan vitamin B2  selama kurang lebih 12 minggu dapat mengurangi tingkat homosistein hingga sekitar 40 persen pada beberapa orang.

Bantu Obati Migrain

Sebuah studi di Humboldt University of Berlin menemukan bahwa orang yang mengalami migrain dan memenuhi kebutuhan vitamin B2 dapat mengalami pengurangan gejala. Selain itu, dibuktikan bahwa memenuhi kebutuhan riboflavin dapat mempersingkat durasi migrain.

Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin B2 memiliki peran dalam mempertahankan kadar kolagen untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kolagen diperlukan agar struktur kulit tetap sehat, awet mudah, dan tak mudah timbul kerutan yang menjadi tanda penuaan dini. Serta menjaga kesehatan rambut tetap kuat.

Mencegah Katarak

Menurut University of Michigan, USA, riboflavin diperlukan untuk melindungi glutathione yang merupakan jenis antioksidan penting bagi mata. Jadi, mengonsumsi sumber terbaik vitamin B2 dianggap dapat menurunkan risiko terjadinya katarak.

Selain itu, National Library of Medicine juga menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang mengandung riboflavin dan niasin juga dapat membantu mencegah katarak.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2: Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh dan Cara Memenuhinya

Credit: spunout.ie

Vitamin B2 merupakan salah satu jenis vitamin yang larut air dan tubuh hanya dapat menyimpan riboflavin dalam jumlah yang kecil. Sehingga, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B2 dari berbagai sumber makanan seperti:

  • Ikan, daging, dan unggas (ayam, bebek)
  • Telur
  • Produk susu
  • Alpukat
  • Kismis
  • Kacang- kacangan
  • Hati ayam dan daging
  • Sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kangkung
  • Gandum utuh
  • Kacang kedelai dan olahannya
  • Ikan salmon
  • Rumput laut

Namun terkadang, memenuhi kebutuhan vitamin  B2 dari makanan saja belum tentu cukup lho. Terutama, jika cara mengolah makanan yang salah sehingga kandungan vitamin di dalamnya jadi rusak. Nah, kamu bisa mengonsumsi multivitamin untuk bantu memenuhinya.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung 500mg vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, niasinamide, dan kalsium pantotenat. Selain bentuk tablet, kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung 1000mg vitamin C.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu dan meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi yang baik untuk tubuhmu. Jadi, jika kamu rutin mengonsumsi multivitamin dua kali sehari, tubuh jadi segar dan lebih berenergi!

 

Featured Image - dsm.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!