Jarang Diketahui, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Sistem Imun Tubuh

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Sistem Imun Tubuh

Sistem imunitas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Imunitas wajib dijaga dengan baik agar kamu tidak mudah sakit, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Jika imunitas tubuh sudah kuat, maka virus penyebab penyakit pun enggan menyerang tubuhmu.

Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin.

Kamu pasti sudah tahu ya kalau vitamin C baik untuk imunitas, tapi ternyata vitamin B kompleks juga dapat membantu meningkatkan sistem imun serta menjaga daya tahan tubuh lho.

Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Sistem Imun Tubuh

Credit: doktersehat.com

Vitamin B kompleks memiliki 8 jenis dengan fungsinya masing- masing. Berikut ini ulasannya.

  • Vitamin B1 (Thiamin). Vitamin B1 berfungsi untuk meningkatkan energi, serta mendorong sel tubuh agar dapat memproduksi energi. Selain itu, vitamin B1 baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu proses pengolahan karbohidrat tubuh.
  • Vitamin B2 (Riboflavin). Dapat melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya, seperti kanker maupun katarak.
  • Vitamin B3 (Niacin). Vitamin B3 berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, membantu mengurangi depresi, dan mengatasi permasalahan pada sendi.
  • Vitamin B5 (Asam Panthothenate). Vitamin B5 memiliki fungsi untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem saraf serta metabolisme tubuh, dan membantu mengurangi alergi.
  • Vitamin B6 (Pyridoxine). Berperan untuk membantu produksi sel darah merah, serta dapat meringankan gejala darah tinggi.
  • Vitamin B7 (Biotin). Vitamin B7 merupakan vitamin yang memiliki peran dalam pelepasan energi dari karbohidrat yang kamu konsumsi, serta dapat membantu proses pertumbuhan rambut dan kuku.
  • Vitamin B9 (Asam Folat). Vitamin B9 berperan penting untuk membantu hemoglobin, perkembangan janin, dan mengobati anemia.
  • Vitamin B12 (Kobalamin). Berperan dalam membentuk sel darah merah, serta meningkatkan fungsi sistem saraf tubuh.

Peran Vitamin B Kompleks Dalam Meningkatkan Sistem Imun

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Sistem Imun Tubuh

Credit: ulsterherald.com

Secara keseluruhan, vitamin B kompleks dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu. Dan jenis vitamin B yang memiliki peran besar dalam meningkatkan imunitas adalah vitamin B6 (Pyrodoxine). Bahkan, berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun karena produksi antibody yang terganggu.

Vitamin B6 dapat membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta memproduksi sel- sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah.

Jadi, kebutuhan vitamin B6 yang tercukupi dapat berdampak langsung dengan peningkatan sistem imunitas tubuh, karena produksi antibodi yang juga ikut meningkat.

Kemudian, vitamin B2 (Riboflavin) juga memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin B2 berperan untuk membantu metabolisme makanan sehingga dapat diubah jadi energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Dan vitamin B12 juga sangat membantu metabolisme tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan menurunkan respons imun, terutama ketika tubuh sedang diserang infeksi virus maupun bakteri. Dengan  kata lain, vitamin B12 memiliki efek langsung dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks?

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Sistem Imun Tubuh

Credit: doktersehat.com

Kebutuhan vitamin B kompleks dapat dipenuhi dari berbagai sumber makanan seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Tapi, memenuhi kebutuhan vitamin B dari makanan saja mungkin belum cukup. Jadi, kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C serta Enervon Active.

Kedua multivitamin Enervon tersebut mengandung Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niasinamide (Vitamin B3), Kalsium Pantotenat. Dan untuk Enervon Active, memiliki kandungan tambahan, yaitu Zinc.

Lalu, aman kah mengonsumsi multivitamin Enervon setiap hari? Tentu aman! Karena zat yang ada di dalamnya bersifat larut air, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Dan sisa zat yang tidak diperlukan, akan dikeluarkan melalui urin.

Jadi, tak perlu khawatir ya untuk minum multivitamin setiap hari. Terlebih di era new normal ini sistem imunitas tubuh yang baik merupakan perlindungan utama agar kamu terlindungi dari Covid-19.

 

 

Featured Image - go.shaklee.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!