Sebagian besar daerah di Indonesia sudah menjalankan kebijakan ini, namun ada pula yang masih dalam proses persiapan dan menunggu situasi jadi lebih aman.

Fase new normal ini tentu mempengaruhi berbagai hal dalam hidup, seperti ketika sedang keluar rumah kamu wajibmenjaga kebersihan, hingga termasuk kebiasaan makan.

Selama hidup normal baru, ada berbagai kebiasaan makan yang baru. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Credit: shawellnessclinic.com

Lebih Mencari Makanan Sehat

Adanya pandemi membuat banyak orang semakin gencar menjaga kesehatan, salah satunya dengan lebih sering mengonsumsi makanan sehat.

Kamu dapat menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi sayuran dan buah- buahan segar. Selain itu, pilih makanan dengan lemak sehat, biji- bijian, dan protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

Tren Makanan Vegan

Saat ini, tren makanan vegan dan organik semakin digandrungi. Bahkan, tren ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang.

Sebagian orang cenderung memilih makanan dengan label vegan. Dan para pelaku bisnis lokal juga sekarang cenderung memproduksi makanan nabati dan makanan sehat lainnya.

Makanan Beku Semakin Diminati

Frozen food atau makanan bekus sering jadi pilihan untuk makanan rumahan, karena akan lebih banyak orang yang lebih sering memasak di rumah. Selain masih segar, makanan beku juga mudah diolah dan dapat disajikan kapan saja.

Jajanan Kaki Lima yang Bersih dan Nyaman

Selama pandemi, minat terhadap makanan atau jajanan kaki lima jadi menurun. Karena, makanan kaki lima ini seringkali dianggap kurang bersih.

Sekarang, kebersihan merupakan hal yang wajib diperhatikan terutama bagi para penjual makanan. Dengan begitu, kamu akan melihat lebih banyak makanan kaki lima yang lebih bersih dan nyaman.

Credit: denverpost.com

Memilih Masak Di Rumah

Semenjak pandemi, terutama saat kita disarankan untuk berada di rumah saja, lebih banyak orang yang memilih masak sendiri. Selain lebih terjamin kebersihannya, masak di rumah juga bisa menghemat pengeluaran.

Bahkan, tren ini diprediksi dapat bertahan, hingga setelah pandemi berakhir.

Produk Makanan Lokal Makin Banyak

Walaupun mengonsumsi makanan lokal bukanlah hal yang baru, tetapi kebiasaan ini kemungkinan menjadi kebiasaan yang tetap dilakukan, bahkan setelah pandemi berakhir. Para konsumen cenderung khawatir dengan makanan impor.

Sehingga, konsumen lebih memilih makanan lokal sekaligus mendukung penjual dan petani lokal.

Konsumsi Daging Menurun

Selama pandemi, kemungkinan konsumsi daging juga akan menurun. Sebagian orang lebih memilih alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, seperti dari makanan laut dan sumber protein dari makanan lainnya.

Nah, itulah ketujuh kebiasan makan baru yang kemungkinan dilakukan selama new normal, atau bahkan hingga pandemi Covid-19. Apakah kamu termasuk yang menerapkan salah satu kebiasaan di atas?

 

Featured Image - blog.drseeds.com