Olahraga Digandrungi Selama Pandemi, Hindari 5 Kesalahan Ini

Olahraga Digandrungi Selama Pandemi, Hindari 5 Kesalahan Ini

font size A Ǎ

Di masa pandemi Covid-19, menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu langkah pertahanan utama yang penting dilakukan. Ketika imunitas sudah dalam kondisi yang baik, maka virus penyebab penyakit pun sulit untuk menyerang tubuh.

Ada berbagai cara untuk mencapai sistem kekebalan tubuh yang baik, salah satunya adalah rutin berolahraga. Sampai saat ini, disarankan untuk tetap berolahraga di rumah, atau di ruang publik terbuka yang tidak ramai.

Meski rutinitas olahraga dapat dibilang mudah, tapi aktivitas fisik ini tetap perlu diperhatikan. Jika ada kesalahan, maka olahraga yang kamu lakukan dapat berujung cedera atau malah memberi dampak buruk pada kesehatan.

Lalu, apa saja kesalahan olahraga yang perlu dihindari Berikut ulasannya.

 

 

 

5 Kesalahan Olahraga yang Sebaiknya Dihindari

Olahraga Digandrungi Selama Pandemi, Hindari 5 Kesalahan Ini

Olahraga Digandrungi Selama Pandemi, Hindari 5 Kesalahan Ini / Credit: wellandgood.com

Tidak Melakukan Pemanasan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah melewatkan pemanasan. Padahal, pemanasan penting dilakukan untuk memastikan bahwa tubuh sudah siap melakukan gerakan olahraga. Dengan tidak melakukan pemanasan, maka risiko cedera akan meningkat.

Kamu dapat lakukan pemanasan kardio ringan untuk meningkatkan detak jantung dan menyiapkan otot tubuh. Mulailah dari gerakan lambat dahulu, ya.

 

Tidak Ada “Menu” Olahraga

Konsisten berolahraga memang merupakan tantangan terbesar. Dorongan untuk rutin olahraga pun terasa sulit, apalagi jika kamu tak memiliki jadwal atau menu latihan.

Sesi olahraga tanpa rencana membuatmu kembali ke rutinitas olahraga yang lama. Bahkan, seiring berjalannya waktu, melakukan olahraga yang sama dalam jangka panjang dapat mengakibatkan cedera. Dan, kamu pun tidak mengalami banyak kemajuan.

 

Gerakan Terlalu Rumit

Selama pandemi, video olahraga di YouTube menjadi alternatif ketika kamu tak dapat pergi ke gym. Namun, seringkali pilihan video olahraga yang tersedia memiliki gerakan yang rumit.

Jika kamu melakukan gerakan rumit dengan formasi yang tidak tepat, hal ini dapat mengakibatkan cedera pada bagian tubuh. Untuk mencegahnya, coba lakukan gerakan variasi pada repetisi atau menambah intensitas.

 

Olahraga Digandrungi Selama Pandemi, Hindari 5 Kesalahan Ini

Olahraga Digandrungi Selama Pandemi, Hindari 5 Kesalahan Ini / Credit: us.cnn.com

Gerakan Kurang Tepat

Ketika berolahraga sendiri di rumah, tentu tidak ada yang dapat mengawasi gerakan olahragamu. Beda ketika di pusat kebugaran. Kondisi ini cukup berisiko, apalagi ketika kamu melakukan latihan yang berat.

Usahakan untuk berolahraga di depan cermin, sehingga kamu dapat melihat gerakanmu dan pastikan apakah sudah benar. Selain itu, kamu juga dapat pertimbangkan untuk memiliki personal trainer virtual, jadi kamu tidak ragu untuk melakukan gerakan- gerakan tertentu.

 

Alat Buatan Sendiri

Sebagai alternatif beban, banyak orang yang menggunakan benda- benda yang ada di rumah. Misalnya, tas berisi buku- buku tebal yang dapat dijadikan barbel. Namun, sebaiknya kamu hindari terlalu banyak bereksperimen, ya. Termasuk, menekankan kaki ke sofa.

Ketika mengangkat barang- barang, berat yang digunakan belum tentu seimbang. Hal ini dapat mengakibatkan bentuk tubuh jadi asimetri dan memicu masalah pada sendi.

Jika kamu memerlukan alat olahraga, pastikan kamu menggunakan barang yang bentuk dan beratnya sama. Dan, gunakan barang yang stabil serta tidak mudah pecah.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, memperhatikan berbagai kesalahan olahraga tersebut penting untuk dilakukan, nih. Agar kegiatan fisikmu dapat berjalan lancar dan tidak mengalami cedera atau masalah apapun!

 

Featured Image - efit30.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!