Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya!

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya!

font size A Ǎ

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diberlakukan sejak tanggal 14 September 2020 silam. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk menekan laju kasus positif virus corona yang terus meningkat.

Dengan diterapkannya kembali PSBB – berarti sebagian besar masyarakat harus tetap berada di dalam rumah. Tentu, kondisi ini dapat memicu rasa stres dan tertekan. Untuk mengatasinya, kamu dapat lakukan sejumlah kegiatan relaksasi, seperti yoga.

Yoga sekaligus meditasi merupakan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, bahkan bersama keluarga. Selain dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, manfaat yoga dapat bantu menjaga kebugaran, kekuatan, keseimbangan, dan sarana relaksasi.

Nah, untuk kamu pemula yang ingin mencoba yoga di rumah selama masa PSBB ini, berikut deretan langkah tepat untuk memulainya dengan mudah.

Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

6 Langkah Memulai Yoga Di Rumah

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya!

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya! / Credit: technogeekstmr.wordpress.com

Siapkan Matras

Pada umumnya, gerakan yoga membutuhkan matras sebagai alas, sehingga tubuh tidak langsung menyentuh lantai. Meski begitu, ada pula sejumlah kecil gerakan yang tidak membutuhkan matras, seperti yoga sebelum tidur yang dapat dilakukan di kasur.

Intinya – kamu tetap memerlukan matras untuk berlatih yoga. Dan, beberapa buah block yang dibutuhkan dalam beberapa gerakan.

 

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat berlatih yoga, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman, ya. Pilihlah pakaian yang membuatmu lebih leluasa dalam bergerak. Selain itu, pilih bahan yang mudah dicuci. Pasalnya, yoga juga menghasilkan banyak keringat!

Kamu bisa memilih baju kaus dan celana legging – yang merupakan pilihan tepat untuk berlatih yoga.

 

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya!

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya! / Credit: bikramyogales.com

Ikuti Kelas Online atau Streaming

Saat ini, sudah banyak sekali pilihan kelas online, live streaming, dan video tutorial yoga di YouTube. Bahkan, beberapa kelas tersebut dapat diakses secara gratis.

Disarankan, untuk memilih kelas atau tingkatan yoga khusus pemula, sehingga kamu dapat mengenal gerakan- gerakan dasar yoga terlebih dahulu.

 

Meditasi

Ketika mengikuti kelas, pastikan kamu mengikuti arahan instruktur dan mulai bermeditasi dengan gerakan yoga yang diajarkan. Lalu, atur pula pernapasan dan tenangkan pikiran, sehingga manfaat yoga tak hanya sebatas pikiran saja – tapi dapat relaksasi pikiran.

Dikutip dari CNN Indonesia, sebuah studi menunjukkan bahwa meditasi secara rutin dapat mengurangi stres dan cemas.

 

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya!

Manfaat Yoga Dapat Bantu Relaksasi Selama PSBB. Begini 6 Langkah Untuk Memulainya! / Credit: herworld.com

Aromaterapi

Ingin kegiatan yoga semakin lancar dan efektif? Kamu bisa tambahkan sejumlah alat bantu, seperti aroma terapi dalam bentuk lilin wangi maupun minyak esensial. Dengan kehadiran aromaterapi, kamu dapat semakin rileks dan merasa tenang.

 

Lakukan Secara Rutin

Jadikan aktivitas ini menjadi rutinitas ya, sehingga manfaat yoga benar- benar bisa kamu rasakan. Seperti, tubuh semakin bugar, kesehatan terjaga, dan pikiran menjadi rileks.

Kamu dapat lakukan aktivitas fisik ini sebanyak 4-5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit setiap sesi atau total 150 menit setiap minggunya.

 

 

 

Nah, itulah keenam tips melakukan yoga untuk pemula. Yoga dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan ketika berada di rumah, lho. Apakah kamu berminat untuk mencobanya?

 

Featured Image - helensianindia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!