Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah!

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah!

font size A Ǎ

Apel merupakan salah satu buah sehat yang digemari banyak orang. Selain karena rasanya yang nikmat dan tekstur renyah, manfaat buah apel begitu baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran, kalau ada kalimat “An apple a day keeps the doctor away”. Sepertinya ungkapan ini bukanlah omong kosong belaka, namun memang nyata adanya.

Buah apel kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan, apel nyaris tidak mengandung lemak dan rendah kalori. Apel kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, air, vitamin C, vitamin A, vitamin K, folat, kalium, pectin, dan asam ursolat.

Untuk mengonsumsinya, bisa kamu makan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah. Apa pun pilihanmu, manfaat buah apel sudah tak perlu diragukan lagi. Berbicara soal manfaat buah apel – sebenarnya apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin makan buah ini? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah!

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah! / Credit: eu.wholefoodsmarket.com

Menguatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah apel yang paling penting, yaitu menjaga imunitas tubuh. ini karena kandungan antioksidan yang bernama quercetion dalam buah apel, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, kamu tak mudah sakit. Terlebih di masa pandemi, menjaga daya tahan tubuh tetap optimal adalah poin penting, ya. 

 

Menurunkan Risiko Diabetes

Apel memiliki indeks glikemik rendah yang baik untuk penyakit diabetes. Untuk itu, manfaatnya dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Apel mengandung fitonutrien untuk membantu mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam apel berperan dalam menjaga kesehatan pankreas. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi apel dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi jantung pada penderita diabetes.

 

Mencegah Kanker

Dilansir dari Alo Dokter, berdasarkan penelitian manfaat apel yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya setiap hari, yaitu menurunkan risiko kanker paru- paru, mulut, kolorektal, dan kanker kerongkongan.

Pencegahan kanker dengan apel – karena kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu mengurangi peradangan.

 

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah!

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah! / Credit: chicagohealthonline.com

Memelihara Kesehatan Otak

Antioksidan dalam apel – dalam bentuk kuersetin dan flavonoid – bisa mengurangi matinya sel saraf karena penuaan. Kandungan antioksidan ini paling baik diperoleh dari kulit apel. Manfaatnya, mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Lebih lanjut – manfaat buah apel dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.

 

Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat buah apel selanjutnya yaitu dapat bantu melancarkan pencernaan, termasuk soal buang air besar. Ini berkaitan dengan kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya.

Untuk merasakan manfaat buah apel yang satu ini – disarankan untuk memakan dengan kulitnya. Pasalnya, seperti yang sudah disebutkan, bahwa kulit apel mengandung tinggi serat dan antioksidan.

 

Bantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah apel paling tidak tiga kali sehari, dapat menurunkan berat badan dalam kurun waktu 12 minggu. Manfaat buah apel ini diperoleh dari kandungan air dan serat tinggi, jadi kamu bisa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi porsi makan berlebih.

 

 

 

Cara Lain Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah!

Deretan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Termasuk Jaga Imunitas Selama Di Rumah! / Credit: etechgs.com

Selain rutin mengonsumsi buah apel, agar kesehatan tubuh semakin terjaga kamu perlu menerapkan pola hidup sehat. Ini meliputi mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi tinggi, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan kelola stres dengan baik.

Agar semakin optimal, barengi dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, multivitamin Enervon-C mengandung berbagai vitamin baik, yaitu Vitamin V 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh – untuk khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja manfaat buah apel, ya. Dan, berdasarkan penjelasan di atas mengonsumsi buah apel secara rutin memang baik untuk kesehatan!

 

Featured Image - healthline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!