5 Jawaban yang Mesti Kamu Hindari Saat Interview Kerja

5 Jawaban yang Mesti Kamu Hindari Saat Interview Kerja

font size A Ǎ

Siapa di sini yang masih sering merasa nervous alias tegang ketika melakukan interview kerja? Tenang, kamu tak sendirian kok! Sebab, masih banyak pekerja yang merasakan hal ini. Tapi, jangan sampai rasa tegang tersebut membuatmu jadi salah dalam menjawab pertanyaan ya!

Ada sejumlah jawaban yang mesti kamu hindari ketika interview kerja, nih! Penasaran apa saja jawaban tersebut?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

 

 

 

Ketika akan melakukan interview kerja, kamu harus menyiapkan berbagai hal ya. Mulai dari mengatur penampilan, menyiapkan pakaian, hingga berlatih berbicara. Tapi, interview kerja justru nggak akan berhasil – apalagi, kalau kamu masih memberi jawaban yang kurang tepat pada pewawancara.

Biar kamu tidak mengalami kesalahan, yuk ketahui 5 jawaban yang wajib dihindari saat interview kerja berikut ini!

 

“Kenapa Kamu Ingin Bekerja Di Sini?”

5 Jawaban yang Mesti Kamu Hindari Saat Interview Kerja

5 Jawaban yang Mesti Kamu Hindari Saat Interview Kerja / Credit: magazine.job-like.com

Hindari menjawabnya dengan kalimat “karena saya butuh pekerjaan dan uang” atau “ini adalah perusahaan yang besar”. Hati-hati, kedua kalimat ini tidak disukai oleh pihak perusahaan, lho!

Sebaliknya, jawablah dengan hal yang membuat kamu tertarik bekerja di perusahaan terkait. Misalnya, kamu memiliki kemampuan yang sesuai dengan posisi jabatan. Atau beri jawaban mengenai keunikan dari perusahaan tersebut.

 

“Apa Kelemahan Terbesar Kamu?”

Jika kamu memberi jawaban “Saya adalah orang yang perfeksionis” atau bahkan mengatakan kamu tak punya kekurangan apa pun – maka kemungkinan besar kamu ditolak dari perusahaan tersebut, lho!

Coba jujurlah ketika menjawab pertanyaan seperti ini. Tapi, sertai dengan solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelemahanmu ya. Dan, pastikan kamu tidak menyebutkan kelemahan yang pasti membuatmu ditolak.

Misalnya, kamu melamar sebagai seorang admin, tetapi menyebutkan bahwa kamu adalah orang yang tidak sabaran – wah, bisa-bisa kamu langsung ditolak!

 

“Kenapa Kamu Resign Dari Kantor Sebelumnya?”

5 Jawaban yang Mesti Kamu Hindari Saat Interview Kerja

5 Jawaban yang Mesti Kamu Hindari Saat Interview Kerja / Credit: 103cia.medium.com

Kalau ditanya seperti ini, apakah kamu masih suka menjawab “saya tidak suka dengan atasan” atau “gaji terlalu kecil”? – di interview kerja selanjutnya, hindari jawaban seperti demikian ya!

Dibanding membahas hal negatif terkait kantor lama kamu, coba deh bicarakan hal yang ingin kamu kontribusikan di tempat kerja baru – atau katakan tujuan kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut.

 

“Apa Mimpi Kamu?”

Jika kamu dihadapkan dengan pertanyaan ini saat interview kerja, hindari menjawabnya dengan cita-cita kamu di masa kecil ya! Tapi, sebaiknya gabungkan passion dan minat yang kamu miliki dengan posisi yang ingin dilamar.

Tujuannya agar karier kamu di masa mendatang bisa terus meningkat dan makin baik!

 

“Apa Ada Pertanyaan?”

Hindari menjawab pertanyaan ini dengan kalimat “berapa jumlah cutinya?” atau justru membicarakan soal gaji. Sebaliknya, coba gunakan kesempatan ini untuk bertanya hal yang membuatmu terlihat tertarik dengan perusahaan. Misalnya, yang terkait budaya kerja.

 

 

 

Bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya apa saja jawaban yang mesti dihindari selama interview kerja? Nah, kalau dalam waktu dekat ini kamu akan melakukan interview kerja – jangan lupa terapkan poin-poin di atas!

 

Featured Image - beritagar.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!