Manfaat Puasa Juga Berdampak pada Kesehatan Mental, Lho. Kok Bisa?

Manfaat Puasa Juga Berdampak pada Kesehatan Mental, Lho. Kok Bisa?

font size A Ǎ

Bulan puasa sudah tiba. Menjadi salah satu momen istimewa yang ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim di dunia – ibadah ini akan dijalani selama 30 hari penuh, dari waktu subuh hingga magrib. Kamu pun pasti sudah mengetahui bahwa manfaat puasa dapat dirasakan bagi kesehatan tubuh, termasuk sistem kekebalan.

Tapi, tahukah kamu bahwa berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan jiwa? Umumnya, ketika menjalani ibadah puasa – seseorang harus bisa menahan hawa napsu dan menjauhi hal-hal negatif.

Lalu, apa saja kaitan manfaat puasa dengan kesehatan mental? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Manfaat Puasa Untuk Jiwa: Meningkatkan Simpati

Manfaat Puasa Juga Berdampak pada Kesehatan Mental, Lho. Kok Bisa?

Credit Image - maxmanroe.com

Menjalani ibadah puasa, artinya kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman – dari waktu sahur sampai berbuka. Ketika kamu menahan rasa lapar dan haus, maka secara tidak langsung – kamu meningkatkan simpati terhadap orang lain yang kurang beruntung.

Dikutip dari Psychology Today, simpati merupakan rasa peduli terhadap sekitar, yang dapat membuat orang lain merasa lebih baik dan bahagia. Dengan menjalani ibadah puasa – kamu pun lebih mudah berbagi pada orang lain yang membutuhkan, lho.

 

Mengubah Seseorang Jadi Lebih Baik

Manfaat puasa terhadap kesehatan mental berikutnya, yaitu dapat bantu mengurangi kebiasaan buruk. Selain itu, ibadah yang satu ini – juga menurunkan kebiasaan gaya hidup tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan kurang sehat.

Jadi, berpuasa memang dapat bantu dirimu menahan diri dari hal-hal buruk – lalu, membantu menjadikanmu sebagai pribadi yang lebih baik lagi ya.

 

Dapat Mengurangi Risiko Depresi, Lho

Manfaat Puasa Juga Berdampak pada Kesehatan Mental, Lho. Kok Bisa?

Credit Image - alodokter.com

Sudah tahukah kamu manfaat puasa yang satu ini? Ya, ternyata menjalani ibadah puasa selama 30 hari penuh – dapat membantu kesehatan mental lebih baik, sekaligus menghindarimu dari risiko depresi, lho.

Ketika kesehatan mental menjadi lebih baik, sudah pasti risiko depresi dapat diminimalisir ya. Selain itu, kemungkinan timbulnya penyakit lain – akibat stres dan depresi pun berkurang. Sebab, banyak orang yang mengidap gangguan kesehatan kronis akibat depresi.

 

Meningkatkan Suasana Hati

Menjalani ibadah puasa – sama dengan meningkatkan kebiasaan positif. Tentu saja, hal ini dapat meningkatkan suasana hati. Ada banyak kebiasaan positif yang dapat dilakukan selama puasa – misalnya, berbagi dengan orang sekitar, atau sekedar berolahraga.

Intinya, melakukan berbagai aktivitas baik selama puasa – dapat membuat mood menjadi lebih baik, dan dirimu merasa lebih bahagia, lho. Jadi, tak ada alasan untuk meninggalkan ibadah wajib yang satu ini ya!

 

Jaga Kesehatan, Penuhi Nutrisi Selama Berpuasa

Manfaat Puasa Juga Berdampak pada Kesehatan Mental, Lho. Kok Bisa?

Credit Image - lifepack.id

Menjaga kesehatan mental memang penting, Enervoners – tapi, yang tak boleh dilupakan, kamu juga mesti tetap menjaga kesehatan fisik, terutama selama bulan puasa. Salah satu cara tepat yang bisa dilakukan, yaitu penuhi nutrisi dengan baik.

Perhatikan menu makan sahur dan berbuka – untuk penuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Sebaiknya, pilih makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral – yang juga dapat bantu kekebalan tubuh.

Untuk mengoptimalkan hidup sehat selama berpuasa, maksimalkan dengan minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra!

Dan, bagi kamu yang memiliki aktivitas padat – yuk, konsumsi Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu pelihara kekebalan tubuh – sekaligus menjaga stamina biar tak mudah lelah!

 

 

Wah, bagaimana nih? Manfaat puasa memang dapat dirasakan bagi kesehatan fisik maupun mental ya. Jadi, tak ada lagi alasan untuk meninggalkan ibadah yang satu ini. Selamat berpuasa, Enervoners!

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!