Tetap aktif selama berpuasa, termasuk rutin melakukan olahraga memang sangat dianjurkan. Ya, tujuannya agar tubuh tetap berenergi dan berstamina – mesti sedang melakukan ibadah puasa. Hal yang satu ini juga dapat membantumu tetap produktif, lho. Jadi, jangan jadikan puasa – sebagai alasan untuk tak olahraga!

Apakah kamu masih sering menganggap kalau olahraga saat puasa terdengar “menyeramkan”? Tak sedikit orang yang beranggapan demikian. Bagaimana tidak? Di saat perut lapar, tubuh tetap harus melakukan aktivitas fisik – termasuk di akhir pekan nanti.

Tapi nyatanya, olahraga memiliki banyak dampak baik bagi kesehatan. Bahkan, kegiatan ini sangat dianjurkan meski sedang puasa, lho. Asalkan, yang dilakukan termasuk olahraga intensitas ringan ya – hindari terlalu berat karena bisa membuatmu dehidrasi!

Lalu, jenis olahraga apa saja sih yang direkomendasikan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Olahraga Saat Puasa, Jalan Kaki Sudah Cukup

Credit Image - halodoc.com

Kamu pasti sudah sering mendengar olahraga jalan kaki – yang belakangan waktu terakhir jadi tren. Nah, jenis aktivitas fisik satu ini sangat baik dilakukan, terutama selama puasa, lho. Tak mau repot? Jalan kaki di tempat juga bisa!

Olahraga ringan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kebugaran – serta memelihara kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, jalan kaki juga dapat menurunkan risiko penyakit stroke, menguatkan tulang, meningkatkan kekuatan otot, hingga mengurangi lemak tubuh.

 

Yoga Untuk Bantu Relaksasi Tubuh

Jenis olahraga yang sudah dilakukan sejak dahulu kala ini – merupakan jenis aktivitas fisik yang direkomendasikan selama berpuasa. Tak perlu persiapan yang repot – yoga juga dapat dilakukan di rumah sekalipun.

Kamu tinggal memutar video tutorial di YouTube – mengenai pelatihan yoga, dan ikuti gerakan sang instruktur ya. Untuk pemula, sebaiknya pilih yoga dengan intensitas ringan dan mudah, seperti Sukhsana – menaruh kedua tangan di lutut sambil bersila. Atau Tadasana – berdiri tegak sambil menaruh kedua tangan di sisi badan.

 

Bersepeda – Cocok Dilakukan Sambil Ngabuburit

Credit Image - megapolitan.kompas.com

Ingin jenis olahraga yang lebih berenergik – dan dilakukan sembari ngabuburit? Wah, bersepeda bisa jadi pilihan tepat nih. Jenis olahraga yang satu ini memang kerap menjadi tren, apalagi kalau bukan karena seru dan mengasyikkan.

Cukup bersepeda selama 30 menit saja, kegiatan ini sudah bisa mendatangkan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, mengoptimalkan mobilitas sendi, hingga bantu redakan stres.

 

Naik-Turun Tangga: Olahraga Mudah dan Efektif

Jangan salah, jenis olahraga yang satu ini tak boleh kamu sepelekan ya! Meski terdengar sederhana dan mudah dilakukan – tapi naik-turun tangga memiliki banyak manfaat, serta berintensitas rendah, sehingga cocok dilakukan selama berpuasa.

Naik-turun tangga dapat bantu membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga ketahanan tubuh dalam berolahraga, serta menambah kekuatan tubuh. Gimana nih? Kamu tertarik mencoba olahraga yang satu ini?

 

Jogging, Olahraga Kaya Manfaat Baik

Credit Image - blog.roomme.id

Jogging alias lari pelan adalah jenis olahraga yang juga direkomendasikan selama berpuasa. Tak perlu jauh keliling sekitar rumah untuk melakukannya, kamu tetap bisa jogging meski di depan halaman rumah saja. Lakukan kegiatan ini sembari menunggu berbuka – ide yang patut kamu coba!

Olahraga ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

 

Selain Olahraga, Jaga Energi Saat Puasa Dengan Cara Ini!

Tak hanya olahraga, selama berpuasa kamu juga perlu menerapkan berbagai hal lainnya – untuk bantu menjaga energi tubuh. Apa saja sih yang perlu dilakukan?

  • Tetap pilih asupan makanan yang sehat ketika sahur dan berbuka
  • Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula, ya.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu – juga penting dilakukan, lho.
  • Istirahat yang cukup
  • Optimalkan dengan memenuhi kebutuhan vitamin, salah satunya dengan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap.

Berkaitan dengan poin terakhir, rutin mengonsumsi multivitamin lengkap – memang dapat bantu menjaga energi, sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh tetap baik, sehingga kamu tak mudah jatuh sakit.

Lalu, multivitamin apa yang direkomendasikan? Kamu disarankan minum Enervon Active dua kali sehari, yaitu ketika sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga energi dan stamina – agar tidak mudah lelah meski punya aktivitas padat.

Selain itu, sudah pasti kandungan Vitamin C dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terserang penyakit selama puasa.

Tak perlu khawatir ya mengonsumsi Enervon Active setiap hari – termasuk selama berpuasa. Sebab, kandungan non acidic Vitamin C aman dikonsumsi oleh perut yang sensitif. Jadi, tetap terasa aman dan nyaman!

 

 

Nah, itulah berbagai rekomendasi olahraga ringan yang dapat dilakukan selama berpuasa. Kalau kamu paling suka melakukan olahraga yang mana nih?

 

Featured Image - fin.co.id