Masker Ganda Dapat Turunkan Risiko Infeksi Virus, Ketahui Cara Penggunaannya!

Masker Ganda Dapat Turunkan Risiko Infeksi Virus, Ketahui Cara Penggunaannya!

font size A Ǎ

Menggunakan masker selama pandemi merupakan langkah esensial dalam upaya pencegahan penularan virus corona – yang hingga kini masih terus mewabah. Bahkan, tak hanya satu masker saja, belum lama ini Centre for Disease Control (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan untuk menerapkan cara pakai masker terbaru, yaitu masker ganda.

Dikutip dari laman Covid19.go.id – masker ganda merupakan penggunaan masker medis yang berlapis kain. Dilansir dari Kesehatan Kontan, sebuah penelitian yang dilakukan di laboratorium menyebutkan kalau kombinasi masker tersebut dapat memberikan perlindungan optimal bagi penggunanya.

Menggunakan masker ganda pun terbilang lebih maksimal dibanding hanya memakai masker kain, maupun masker medis saja. Lantas, apakah hal ini memang benar perlu dilakukan? Dan, bagaimana cara tepat menggunakan masker ganda?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Perlukah Menggunakan Masker Ganda?

Masker Ganda Dapat Turunkan Risiko Infeksi Virus, Ketahui Cara Penggunaannya!

Credit Image - cnnindonesia.com

Memakai masker di masa pandemi Covid-19, termasuk salah satu upaya untuk mengurangi laju penyebarannya. Tapi, apakah perlu menggunakan masker dua sekaligus? Melapisi masker agar lebih ketat, diklaim dapat meningkatkan perlindungan secara signifikan. Ini berlaku bagi pengguna masker ganda, maupun orang lain.

Menggunakan dua masker sekaligus – kini terbilang hal yang wajar, bahkan direkomendasikan. Terutama, bagi masyarakat yang pekerjaannya melibatkan banyak kontak dengan orang lain, seperti seperti kasir toko, pekerja pelayanan publik, maupun supir kendaraan umum.

Tapi, apakah memakai masker ganda bisa menyebabkan kesulitan bernapas? Tenang saja, hal ini tidak akan terjadi – selama digunakan pada seseorang yang tidak memiliki keterbatasan pernapasan. Namun, jika kesulitan bernapas, sebaiknya hindari menggunakan masker ganda, atau cari lagi masker yang lebih sesuai.

 

Bagaimana Cara Tepat Menggunakan Masker Ganda?

Masker Ganda Dapat Turunkan Risiko Infeksi Virus, Ketahui Cara Penggunaannya!

Credit Image - health.detik.com

Agar penggunaannya dilakukan secara tepat, sehingga perlindungan pun semakin maksimal – ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memakai masker ganda, yaitu:

  • Hindari menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Karena, masker ini tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan. Masker medis yang digunakan 2 lapis juga tidak meningkatkan filtrasi, maupun kesesuaian masker
  • Hindari menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Jenis masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri, dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun
  • Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi menjadi celah masuknya virus

Selain itu, gunakan masker yang terdapat kawat untuk menyesuaikan bentuk hidung. Penyangga tersebut bisa digunakan agar masker dapat digunakan secara sempurna dan menyesuaikan bentuk wajah.

Kemudian, pengguna juga dapat mengikat karet telinga dan melipat sisa masker – jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah. Dengan demikian, masker dapat menutupi bagian hidung dan mulut secara sempurna.

 

Maksimalkan Perlindungan Diri Dengan Langkah Penting Lainnya!

Masker Ganda Dapat Turunkan Risiko Infeksi Virus, Ketahui Cara Penggunaannya!

Credit Image - health.detik.com

Selain menggunakan masker, baik satu maupun ganda – beragam upaya lainnya juga perlu turut diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Pastikan kamu rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan rutin mengonsumsi suplemen, terutama Viitamin C. Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi yang menginginkan perlindungan ekstra, bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi masyarakat yang sudah sering beraktivitas di luar rumah!

Dan, untuk yang punya aktivitas padat, disarankan minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

 

Itulah ulasan mengenai cara tepat menggunakan masker ganda. Jadi, selama pandemi pastikan kamu sudah menerapkan sejumlah langkah pencegahan agar risiko terinfeksi virus bisa diminimalisir!

 

 

Featured Image - washingtonpost.com

Source - kesehatan.kontan.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!