Setiap orang pasti setuju kalau aktivitas fisik dan asupan makanan yang tepat merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk bisa melakukan olahraga dengan maksimal – tentunya, tubuh memerlukan energi yang cukup dari berbagai sumber makanan. Ingat, tapi pastikan kamu memilih menu makanan yang baik, agar pemenuhan gizi bisa dicapai secara maksimal.

Jenis dan komposisi makanan yang akan kamu konsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik dapat bervariasi – bergantung pada jenis olahraga yang akan kamu lakukan ya. Disamping itu, jenis makanan yang dimakan ternyata juga sangat berpengaruh pada performa kita saat berolahraga, lho.

Jika salah memilih menu makanan – maupun salah waktu makan sebelum melakukan aktivitas fisik, justru hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas, bahkan terasa berat ketika melakukan olahraga.

Ketika kamu hendak melakukan aktivitas fisik di pagi hari, seperti jalan kaki jarak dekat – maka, segelas air putih untuk dikonsumsi sebelum olahraga mungkin cukup sebagai asupan cairan tambahan. Untuk aktivitas seringan jalan kaki jarak dekat di pagi hari, tubuh tidak memerlukan banyak energi tambahan.

Berbeda dengan jika akan melakukan olahraga dengan intensitas sedang, tentu saja kamu memerlukan asupan tambahan untuk menambah energi sebelum memulai aktivitas fisik. Tapi, apa saja sih makanan yang bisa kamu konsumsi?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Sereal Atau Roti Gandum – Bisa Jadi Pilihan Tepat

Credit Image - thespruceeats.com

Pilihan makanan yang satu ini memang dikenal sebagai pilihan tepat untuk dikonsumsi sebelum memulai aktivitas fisik, lho. Gandum mengandung serat yang baik untuk dikonsumsi 30 menit sebelum olahraga – kandungan tersebut juga dapat membuatmu kenyang lebih lama.

Kemudian, kandungan karbohidrat dalam serat gandum akan dilepaskan secara bertahap, jadi energi akan tetap terjaga selama kamu melakukan aktivitas fisik. Gandum merupakan makanan yang mengandung Vitamin B Kompleks – serta berfungsi untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

 

Susu Rendah Lemak, Menu Simple dan Mudah Dikonsumsi

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk makan – sebelum melakukan aktivitas fisik, maka dapat memilih asupan susu rendah lemak, yang simple dan mudah disiapkan. Susu yang mengandung banyak protein sangat bermanfaat terutama dalam proses rehabilitasi otot setelah kegiatan olahraga Anda.

Tak hanya itu, susu yang tinggi akan kandungan protein juga mampu mencegah kerusakan otot – yang umumnya, sering terjadi sebagai efek dari melakukan aktivitas fisik. Jadi, apakah kamu tertarik mengonsumsi susu rendah lemak sebelum mulai berolahraga?

 

Pisang Juga Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga, Lho

Credit Image - medicalnewstoday.com

Pisang adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik. Pisang kaya akan karbohidrat – dan, tebilang sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh, sehingga mampu menghasilkan energi instan yang siap untuk digunakan.

Kemudian, potasium yang ada di dalam pisang – juga bermanfaat untuk memberi nutrisi pada saraf dan otot, lho. Tapi, perlu diketahui bahwa potasium tidak dapat bertahan lama di dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya makan pisang setidaknya 30 menit 30 menit sebelum olahraga untuk mempertahankan kadar karbohidrat dan potasium di darah tetap tinggi.

 

Yogurt dan Buah yang Kaya Akan Karbohidrat dan Protein

Pilihan terakhir, ada yogurt dan buah yang dapat kamu konsumsi sebelum memulai melakukan aktivitas fisik. Buah memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dipecah menjadi sumber energi. Sementara itu, yogurt kaya akan protein – yang dapat membantu proses rehabilitasi otot usai berolahraga.

Dengan sejumlah manfaat yang disebutkan tersebut, bisa dibilang kalau kombinasi yogurt dan buah merupakan kedua sumber makanan – yang pastinya baik dikonsumsi sebelum berolahraga ya. Cara penyajiannya pun cukup mudah, dan tak memerlukan banyak waktu kok!

 

Nah, selain mengonsumsi sejumlah makanan yang disebutkan di atas – agar stamina tetap terjaga selama menjalani aktivitas fisik, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks.

Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg, lho.

Dan, bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan!

Dan, untuk mendapatkan produk Enervon, baik Enervon-C maupun Enervon Active, kamu dapat kunjungi apotek terdekat, atau membelinya di official store di platform e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Yuk, tunggu apa lagi? Dapatkan segera sejumlah produk multivitamin Enervon ya!

 

Nah, dari keempat jenis asupan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik, kamu ingin mencoba menu yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - modernhoney.com