Hingga kini, mengalami gejala, segera lakukan pertolongan pertama ya!

Mengutip dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat – masyarakat memang diminta untuk memperhatikan gejala yang mungkin dialami. Orang yang terpapar virus dapat memiliki berbagai indikasi, yang umumnya muncul di hari kedua hingga 14 hari usai terpapar virus.

Lantas, usai dinyatakan positif Covid-19, apa pertolongan pertama yang mesti dilakukan? Dan, jika mengalami gejala yang lebih berat, kapan pasien mesti mendapatkan penanganan medis lebih lanjut?

Untuk menjawab sejumlah pertanyaan tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Usai Dinyatakan Positif, Apa Pertolongan Pertama yang Perlu Dilakukan?

Credit Image - bbc.com

Ketika kamu dinyatakan positif virus corona, ada sejumlah pertolongan pertama yang perlu dilakukan. Adapun sejumlah hal tersebut, yaitu:

1. Pertama, cari bantuan layanan kesehatan

Pertolongan pertama yang harus dilakukan usai dinyatakan positif Covid-19, yaitu berkonsultasi dengan dokter atau pekerja layanan kesehatan – guna mendapatkan saran yang tepat.

Jika memiliki penyakit penyerta alias komorbid – atau sedang menjalani pengobatan tertentu, jangan ragu untuk memberi tahu dokter. Selain itu, hindari pula mengonsumsi sejumlah obat-obatan lain, tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

 

2. Lakukan isolasi mandiri

Selanjutnya, segera lakukan isolasi mandiri agar orang di sekitar tidak tertular. Kalau kamu disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah – beri tahu pihak berwenang, dan segera persiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Ingatlah, ini juga termasuk pertolongan pertama yang mesti dilakukan ya!

Misalnya, memastikan ruangan tempat isolasi sudah memiliki ventilasi udara yang baik, menggunakan kamar mandi terpisah, hingga memiliki alat makan dan alat mandi – yang terpisah pula. Hindari berbagi pemakaian benda dengan anggota keluarga lainnya.

Kemudian, orang-orang yang berada di sekitarmu – terutama yang pernah melakukan kontak erat juga perlu menjalani tes Covid-19. Dan, semua anggota keluarga yang tinggal satu atap juga harus ikut dikarantina, selama minimal satu minggu.

 

3. Perhatikan jenis perawatan yang dibutuhkan

Dalam perihal pertolongan pertama usai dinyatakan positif Covid-19 – ini juga menyangkut soal jenis perawatan yang dibutuhkan. Perawatan dapat disesuaikan dengan gejala dan tingkat keparahan infeksi, umumnya setiap pasien memerlukan perawatan yang berbeda-beda.

Tetapi, perawatan mendasar yang sebaiknya dilakukan tiap pasien – yaitu, memiliki oksimeter untuk memeriksa kadar oksigen darah. Lalu, untuk pasien yang memiliki masalah pada tekanan darah, maupun tingkat gula dalam darah – diperlukan pula alat monitor dan glukometer.

 

4. Siapkan suplemen untuk bantu meningkatkan imunitas ya!

Seperti diketahui, imunitas merupakan senjata utama dalam melawan virus, termasuk Covid-19. Untuk itu, sangat disarankan menyiapkan berbagai jenis vitamin yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membantu mempercepat proses pemulihan.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin tidak bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sumber makanan saja. Jadi, disarankan untuk rutin minum suplemen – yang juga berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Adapun suplemen yang direkomendasikan, yaitu Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus membantu proses pemulihan pada pasien.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra.

Kamu juga direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas.

 

Sudah Lakukan Pertolongan Pertama, Kapan Mesti Mendapat Penanganan Medis?

Credit Image - en.tempo.co

Jika kamu sudah melakukan sejumlah pertolongan pertama tersebut, kemudian gejala yang dialami semakin parah. Ada baiknya, segera dapatkan penanganan medis, sehingga pasien dapat diberikan perawatan yang lebih lanjut.

CDC menyebutkan, ketika seseorang menunjukkan salah satu dari tanda-tanda berikut ini, segera cari perawatan medis darurat ya! Adapun sejumlah tanda tersebut, yaitu:

  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri atau tekanan yang terus menerus di dada
  • Kebingungan
  • Ketidakmampuan untuk bangun, atau tetap terjaga
  • Bibir atau wajah berubah kebiruan

CDC menambahkan, orang dewasa yang lebih tua dan yang memiliki kondisi medis mendasar yang parah, seperti penyakit jantung, paru-paru, atau diabetes, tampaknya berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan komplikasi yang lebih serius dari Covid-19.

 

Nah, itulah sejumlah pertolongan pertama yang mesti dilakukan ketika dinyatakan positif virus corona. Selama pandemi, yuk selalu terapkan protokol kesehatan, serta melakukan berbagai upaya pencegahan lainnya untuk meminimalisir risiko penularan virus!

 

 

Featured Image - voi.id